Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumput di UPH Akan Digunakan pada Ajang Sepak Bola Piala Dunia U-17

Kompas.com - 12/10/2023, 18:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rumput yang ada di arena sepak bola stadium Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Karawaci akan digunakan untuk kejuaraan sepak bola Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di November 2023.

Itu tertulis dalam surat keterangan Ketua PSSI, Erick Thohir terkait perkembangan terbaru dari renovasi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, untuk Piala Dunia U-17 2023.

Baca juga: Siswa SMA Kolese De Britto Boleh Berambut Gondrong Mulai 1976

Kampus UPH merupakan universitas swasta yang mempunyai 20.000 mahasiswa. Kamus ini didirikan oleh Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady dari kelompok usaha Lippo Group pada 1994.

"Untuk persiapan JIS, saya mendapatkan laporan bahwa rumput UPH sudah mulai dipasang," kata Erick Thohir dalam keterangan resminya, Rabu (11/10/2023).

Rumput lapangan bola dari arena UPH di Lippo Karawaci, Tangerang, berjenis Zoysia Matrella.

Proses analisa dan pemilihan rumput yang melibatkan pihak FIFA, telah melewati persiapan dan proses seleksi yang matang.

Lalu, pengujian kualitas baik dari segi kerapatan, kepadatan, dan kekuatan rumput juga kesesuaian karakteristik jenis rumput untuk digunakan dalam kejuaraan sepak bola FIFA kategori U-17.

Rektor UPH, Dr. Jonathan Parapak mengaku, serangkaian persiapan dan perawatan intensif juga telah dilakukan terlebih dahulu sebelum rumput dipanen dan dipindahkan ke JIS.

Baca juga: 11 SMA di Jawa Tengah yang Masuk Daftar Terbaik Se-Indonesia

Perawatan yang dilakukan, antara lain berupa penyiraman intensif selama hampir tiga minggu serta pemupukan hingga rumput mencapai kualitas prima.

Hingga 9 Oktober 2023, rumput UPH telah berhasil dipanen untuk selanjutnya dilakukan pemasangan di JIS.

Pemanenan dilakukan dengan mesin khusus untuk dapat menghasilkan gulungan rumput seperti karpet yang memiliki ketebalan lebih dari 4 cm.

Baca juga: 11 Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, UNS Nomor 1

"Kami bangga Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan piala dunia U-17. Acara tersebut membawa berkat untuk bangsa Indonesia dan olah raga sepak bola. Semoga rumput yang telah kami pelihara dengan baik selama bertahun-tahun untuk mahasiswa kami dapat turut mensukseskan acara kejuaraan dunia tersebut," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com