Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim PKM-PM Unesa Ajari Warga Olah Sampah Plastik Jadi BBM

Kompas.com - 03/10/2023, 14:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Keberadaan sampah plastik masih menjadi persoalan bersama. Karena itu, dibutuhkan upaya agar sampah plastik dapat dimanfaatkan.

Seperti halnya yang dilakukan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Mahasiswa Unesa tersebut tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM).

Mereka memberikan pelatihan pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) di Desa Sudimoro, Jombang Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pakar Unesa: 3 Lingkungan Ini Kunci Sukses Literasi Keuangan sejak Dini

Menurut ketua tim, Mohammad Faisol, minyak yang dihasilkan dapat digunakan menjadi bahan bakar untuk kompor minyak.

Tentu untuk pembakarannya dengan teknik sehingga tidak berdampak pada lingkungan.

"Bahan bakar yang dihasilkan bisa diperjual belikan atau setidaknya warga bisa memanfaatkan sampah untuk menghasilkan bahan bakar sendiri dan tidak perlu merogoh kocek beli bahan bakar di luar," ujarnya dilansir dari laman Unesa, Senin (2/10/2023).

Dijelaskan, pelatihan yang mereka berikan itu didasarkan pada hasil identifikasi atas kebutuhan dan permasalahan di desa tersebut.

Dari hasil survei yang mereka lakukan, desa tersebut bermasalah dengan sampah dan belum teratasi, utamanya banyak sampah plastik.

Warga juga berharap jajaran pengurus desa setempat belum bisa mengolah sampah plastik. Setelah dilakukan koordinasi, maka diadakanlah pelatihan tersebut.

Tujuannya, untuk mengedukasi pentingnya menjaga lingkungan, menyediakan tong sampah dan membuang sampah di tempat yang disediakan.

Muhammad jakfar, S.Si., M.Si., dosen pembimbing mengatakan, pelatihan yang dilakukan mahasiswanya itu terbilang baru.

Biasanya pelatihan pengolahan sampah menjadi produk kriya. Kali ini menjadi minyak sebagai bahan bakar.

"Selain pelatihan, kami juga terus melakukan monitoring secara berkala dan membentuk tim pengawasan yang diinisiasi oleh mahasiswa yang bekerja sama dengan masyarakat Desa Sudimoro. Tujuannya, mendampingi warga dalam pengelolaan sampah berkelanjutan," terangnya.

Baca juga: Dosen Unesa Bagikan Tips Bijak Bermedsos bagi Pelajar

Adapun pelatihan ini diinisiasi tim PKM Unesa yang terdiri dari Mohammad Faisol, Muhammad Ubaidillah Faqih, Regita Putri Adilia, Avi Shahada Rafli, dan Andinie Chandra Maulida Pratiwi.

Kegiatan ini juga lolos program PKM-PM Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemendikbud Ristek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com