Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Peringkat 7 di Indonesia Versi THE WUR 2024, Naik Dibanding 2023

Kompas.com - 30/09/2023, 13:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) yang kembali masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) atau THE WUR.

Beberapa hari yang lalu, THE WUR kembali merilis pemeringkatan kampus terbaik di dunia. Tak terkecuali beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga masuk dalam pemeringkatan tersebut.

Tahun ini atau data THE WUR 2024, UNS menempati peringkat 7 atau peringkat 1.201-1.500 dari 1.904 perguruan tinggi di 108 negara yang dinilai oleh THE.

THE merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi terkemuka yang berbasis di Inggris. Dari sebanyak 1.904 perguruan tinggi dunia, di Indonesia yang masuk pada pemeringkatan tersebut ada 24 kampus saja.

Baca juga: 20 Kampus Terbaik di Dunia Versi THE WUR 2024, Ada 3 dari Asia

Tentu, perguruan tinggi terbaik di Indonesia masih ditempati oleh Universitas Indonesia (UI) yang berada pada peringkat 801-1.000 dunia.

Menurut Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Jamal Wiwoho, kampusnya berada pada peringkat 1.201-1.500 bersama dengan Unair, ITB, Binus, UGM, IPB, USK, dan ITS. Secara urutan, UNS berada pada urutan ke-7 perguruan tinggi di Indonesia.

"Untuk data THE WUR 2023, UNS berada di peringkat 9. Jadi data tahun ini atau THE WUR 2024 naik peringkat di posisi 7," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (30/9/2023).

Dijelaskan, untuk THE WUR 2024 ini ada sedikit perubahan dalam metodologi. Yakni sda 5 pilar dari pemeringkatan THE WUR yaitu:

1. Teaching (bobot 29,5 persen)

2. Research Environment (29 persen)

3. Research Quality (30 persen)

4. Industry (4 pesen)

5. International Outlook (7,5 pesen)

"Masing-masing pilar tersebut terdiri dari indikator-indikator. Teaching diukur dengan reputasi dalam pembelajaran, rasio dosen dan mahasiswa, rasio mahasiswa doktoral dan sarjana, dosen bergelar doktor, dan pendapatan institusi," jelasnya.

Sedangkan Research Environment diukur dengan reputasi dalam penelitian, pendapatan dari riset, dan produktivitas penelitian. Research Quality diukur dengan sitasi, kekuatan riset, keunggulan riset dan pengaruh riset.

Adapun Industry diukur dengan pendapatan dari industri dan jumlah paten. Sedang yang terakhir, International Outlook diukur dengan jumlah mahasiswa internasional, jumlah dosen internasional, dan jumlah publikasi bersama dengan dengan mitra dari internasional.

"Tentu rasa syukur saya ungkapkan kepada UNS karena bisa berada di peringkat 1.201-1.500 THE WUR 2024 dan peringkat ke-7 Indonesia. Ini sejajar dengan perguruan-perguruan tinggi besar lainnya di Indonesia seperti ITB dan UGM," ungkap dia.

Baca juga: 24 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2024, Ada 3 PTS

Selain itu, Prof. Jamal juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua sivitas akademika UNS yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com