Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisudawan UMM Ini Punya Bakat di Saksofon, Berharap Main di Panggung Besar

Kompas.com - 29/09/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu wisudawan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Arya Andika Alfarizki punya cerita menarik dengan dunia musik.

Bahkan selama duduk dibangku kuliah, Arya terus mengembangkan bakat dan kecintaannya di bidang musik. Salah satunya piawai dengan alat musik saksofon.

Dilansir dari laman UMM, Minggu (24/9/2023), Arya yang lulus Jurusan Hubungan Internasional (HI) UMM ini diwisuda pada September 2023.

Ternyata, Arya sudah jatuh cinta dengan dunia musik sejak dia kecil. Meski demikian, dia mulai menyentuh alat musik saat SMA.

Baca juga: Akademisi UMM Beberkan Pentingnya Informasi pada Kemasan Produk

Ia juga akhirnya mengikuti ekstrakurikuler musik dan belajar bermain drum dan mulai mencoba berbagai alat musik lainnya serta bernyanyi. Hingga pada akhirnya ia merasa nyaman untuk mendalami alat musik saksofon.

"Beruntung, saat kuliah saya juga diberi kesempatan di laboratorium seperti mengisi acara di Dome dan lainnya," ujarnya, dikutip dari laman UMM.

"Saya juga mendapatkan berbagai kemampuan soft skill, personal branding, dan membangun relasi dengan pihak luar," imbuh dia.

Di luar kampus, Arya sering mengisi berbagai acara baik sendiri maupun bersama band dia.

Ia juga bercerita bahwa berkat permainan saksofonnya, pernah mendampingi Pamungkas saat tampil di Malang. Video-video penampilannya juga beberapa kali menghiasi televisi.

"Berkat pengalaman itulah, akhirnya saya dan teman-teman membentuk band bernama Golden Sky," kata dia.

Diceritakan, Golden Sky lahir karena kebetulan Arya dan ketiga temannya sering tampil di berbagai acara dan di cafe. Pada akhirnya muncul ide membuat grup bersama.

"Beberapa kali kami mengganti nama grup hingga pada akhirnya menetapkan pilihan dengan nama Golden Sky," tuturnya.

Untuk urusan akademik, ia juga mengikuti Center of Excellence (CoE) yang disediakan Kampus Putih UMM. Tepatnya di CoE jurusan HI yang memungkinkannya magang profesional di kantor Imigrasi bagian sosial media controlling.

"Di tempat magang, saya banyak mendapatkan materi dan praktek langsung bidang ilmu hubungan internasional. Tidak hanya itu, dengan memegang divisi sosial media controlling, saya belajar banyak tentang grafik perkontenan," jelasnya.

Baca juga: Dosen FK UMM Beberkan Langkah P3K untuk Minimalisasi Risiko

Tentu, dengan talenta yang dia miliki itu ia bercita-cita ingin mengembangkannya dan mampu bermain di panggung-panggung besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com