Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Unej Ikut Diwisuda, Ini Alasannya

Kompas.com - 06/08/2023, 20:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada acara wisuda Universitas Jember (Unej) Tahun Akademik 2023/2024 di gedung Auditorium Unej, Sabtu (5/8/2023), tidak seperti biasanya.

Sebab, Titen, mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Unej juga ikut diwisuda.

Ternyata, alasan mobil listrik tersebut turut diwisuda lantaran berhasil meraih juara ketiga dalam ajang Shell Eco Marathon Asia Pasific and Middle East 2023 di sirkuit internasional Mandalika pada 4-9 Juli 2023 lalu.

Alasan lain mobil listrik yang turun di kategori "Urban Concept" dan diwisuda itu karena oleh panitia sebagai penghargaan atas prestasi dan kerja keras mahasiswa dan dosen FT Universitas Jember.

Baca juga: Adik Wakili Almarhumah Kakak dalam Wisuda Unej, Suasana Berubah Jadi Haru

Menurut Rektor Unej Iwan Taruna, capaian prestasi internasional ini membuktikan kiprah Universitas Jember tak kalah dengan perguruan tinggi lainnya.

Iwan juga mengatakan bahwa prestasi terbaru Universitas Jember ialah menduduki peringkat ke-18 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometric 2023.

Oleh karena itu Iwan Taruna meminta 700 wisudawan yang diwisuda tersebut dikukuhkan untuk percaya diri menapaki persaingan dunia kerja.

"Lulusan Universitas Jember harus memiliki jiwa kompetitif dan tak gentar bersaing, sebab Anda semua sudah mendapatkan bekal yang cukup dari kampus," ujar Iwan Taruna, dilansir dari laman Unej.

"Bekal tadi harus dilengkapi sifat adaptif di semua kondisi sebab hanya mereka yang adaptif yang akan bertahan. Selanjutnya tebar manfaat dimana pun Anda nanti berada, jadilah bagian dari solusi bangsa serta jaga nama baik almamater Universitas Jember," pesan rektor.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Jember, Prof. Slamin menjelaskan bahwa data mahasiswa Universitas Jember, sebanyak 67 persen adalah perempuan sementara laki-lakinya hanya 33 persen.

"Dari pengamatan saya mahasiswi lebih tekun belajarnya daripada mahasiswa," kata Prof. Slamin.

Dalam wisuda kali ini, ada dua wisudawan di jenjang Magister yang sama-sama memperoleh IPK sempurna alias 4,00. Mereka adalah Rezqy Ayu Dewi Arafah., S.Pd., M.Pd., dari Program Magister Pendidikan Matematika FKIP.

Sedang yang kedua adalah Ku Nadhila Amirah, MP., dari Program Studi Magister Agronomi Fakultas Pertanian.

Bedanya Rezqy Dewi Arafah., S.Pd., M.Pd., menyelesaikan kuliah dalam waktu 1 tahun 3 bulan dan 20 hari, sementara rekannya, Ku Nadhila Amirah, MP., lulus dalam jangka waktu 1 tahun 6 bulan 30 hari.

Sementara untuk lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Viona Cinthya Talita, SP., tampil sebagai lulusan berprestasi di jenjang sarjana dengan IPK 3,99.

Baca juga: Tips Cepat Lulus S3 ala Dosen Unej

Jajaran wisudawan berprestasi dilengkapi oleh Diva Oriana Salsabila, A.Md., dengan IPK 3,84 yang merupakan lulusan Program Studi Diploma 3 Usaha Perjalanan Wisata FISIP Universitas Jember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com