Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik Wakili Almarhumah Kakak dalam Wisuda Unej, Suasana Berubah Jadi Haru

Kompas.com - 23/05/2023, 16:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada pelaksanaan Upacara Wisuda Periode VII Tahun Akademik 2022/2023 di Universitas Jember (Unej), Sabtu (20/5/2023), ada satu momen yang mengharukan.

Sebab, salah satu wisudawan bernama Larasayu Putri Asyahrie, S.Ked., diwakili oleh adiknya Senja Kirana Mayang lantaran sang kakak telah meninggal dunia pada 8 Maret 2023.

Karena itu, upacara wisuda yang seharusnya menjadi momen berbahagia, saat nama almarhumah dipanggil, sang adik yang maju ke depan untuk menerima ucapan selamat dan ijazah, suasana langsung berubah menjadi mengharukan.

Larasayu sendiri yang sebenarnya telah melanjutkan pendidikan profesi dokter sambil menunggu wisuda, tetapi meninggal dunia karena sakit.

Baca juga: Ibu Ini Wakili Sang Putra Ikut Wisuda ITS, Meski di RS Almarhum Gigih Selesaikan Tugas Akhir

Maka dari itu, sebagai salah satu bentuk penghormatan dari Unej, panitia menayangkan foto-foto almarhumah Larasayu semasa menuntut ilmu di kampus Tegalboto.

Keharuan semakin menyeruak di Gedung Auditorium kala sang Ibu yang turut hadir datang dari Mataram Nusa Tenggara Barat, Wiwik Budi Lestari, tidak bisa menahan kesedihan.

Bahkan, sang ibunda almarhumah juga sempat tak sadarkan diri dan harus didampingi oleh panitia.

Dikenal sebagai mahasiswi berprestasi

Dekan Fakultas Kedokteran Unej, dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP.RE.Subsp.L.B.L. (K). yang ditemui seusai wisuda mengatakan, almarhumah Larasayu dikenal sebagai mahasiswi berprestasi.

Hal itu terbukti dengan skripsinya mendapatkan nilai A dan Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) mencapai 3,11.

Selain itu, Laras yang lahir di Banjarmasin ini juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di kampus.

"Sebenarnya Laras sudah mulai menjalani program pendidikan profesi dokter sembari menunggu wisuda. Namun takdir berkata lain, Laras berpulang ke Rahmatullah akibat sakit," ujarnya dikutip dari laman Unej, Selasa (23/5/2023).

"Tapi pelajaran yang bisa kita ambil adalah semangat almarhumah yang terus berjuang dan selalu bangkit saat menghadapi tantangan apapun," imbuh dia.

Dalam pidato wisuda, Rektor Unej Iwan Taruna menyatakan bahwa wisuda ini terasa istimewa. Sebab, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Baca juga: Datang Berboncengan dari Temanggung, Ibu Ini Menunggu Penuh Sabar Putrinya Ikut UTBK di UGM

Selain itu, karena dalam sebulan dilakukan wisuda untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya wisuda periode VI digelar pada tanggal 6 Mei 2023. Selanjutnya ada satu lulusan yang diwisuda secara anumerta.

Dan yang terakhir ada salah satu anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P yang diwisuda, yakni Sonny T. Danaparamita yang lulus dari Program Studi Magister Ilmu Hukum FH Universitas Jember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com