Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datang Berboncengan dari Temanggung, Ibu Ini Menunggu Penuh Sabar Putrinya Ikut UTBK di UGM

Kompas.com - 09/05/2023, 15:42 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Perjuangan untuk lolos masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tak hanya ditunjukkan oleh para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023, tetapi juga para orangtua.

Jika calon mahasiswa belajar dengan rajin latihan soal-soal UTBK 2023 atau ikut bimbingan belajar, orangtua tentu juga ikut berjuang.

Salah satunya dengan doa tulus ikhlas, berserah pada Yang Maha Kuasa, juga ikut prihatin dengan menemani serta menunggu sang anak dengan penuh sabar di luar gedung tes.

Seperti halnya salah satu ibu yang datang jauh dari Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, Ibu Yani.

Baca juga: Kesan Peserta UTBK 2023 di UGM: Temukan Soal yang Sulit

Ingin beri dukungan secara langsung

Dia datang sehari sebelumnya bersama putrinya bernama Lia yang ikut UTBK 2023 di Pusat UTBK Universitas Gadjah Mada (UGM) sesi pagi, Selasa (9/5/2023).

Untungnya ada kerabat yang tinggal di Yogyakarta dan mau memberikan tempat untuk menginap semalam bagi dia dan putrinya.

"Saya datang sehari sebelum pelaksanaan ujian dengan berboncengan sepeda motor bersama anak saya," tutur Yani kepada Kompas.com sembari menunggu sendirian di luar gedung Perpustakaan Pusat UGM.

Ternyata, alasan dia mengantar putrinya itu karena sang anak belum mempunyai SIM. Tetapi, alasan utamanya ialah ingin menemani dan memberi dukungan secara langsung di lokasi Pusat UTBK UGM.

"Tentu saya ikut deg-degan meski hanya menunggu di luar. Tetapi setidaknya saya ada di sini dan bisa menjadi penyemangat anak saya," ucap dia.

Putrinya sendiri ikut UTBK 2023 karena memang pilihan pertama ialah UGM dan pilihan kedua Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Keduanya sama-sama Jurusan Manajemen.

Baca juga: Pusat UTBK UGM Diikuti 13.448 Peserta, Hari Pertama Rektor Tinjau Lokasi Ujian

Yani juga mengatakan bahwa anaknya sudah belajar dengan latihan soal-soal UTBK. Di samping itu, putrinya juga punya tekad kuat untuk kuliah di PTN.

Tapi, ternyata Yani punya anak laki-laki atau kakak dari Lia yang bernama Bani yang juga ikut UTBK 2023 di Pusat UTBK UGM, Senin (8/5/2023).

"Anak saya yang pertama ini sudah ikut UTBK hari pertama. Tapi dia datang sendiri karena bisa naik sepeda motor dan punya SIM. Meski gap year, tapi dia juga ingin kuliah di PTN dengan KIP Kuliah," ujar ibu yang punya warung kelontong di rumahnya tersebut.

Perjuangan Ibu Yani tersebut belum usai. Maka dari itu, dia tetap terus berdoa dan pasrah.

"Lolos atau tidak lolos yang penting sudah berusaha. Bahkan meski saya single parent, saya juga ikut berusaha dengan prihatin dan terus mendoakan agar kedua anak saya lolos UTBK 2023," harap Yani seraya mengatakan usai putrinya selesai tes, mereka berdua langsung pulang ke Temanggung.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com