Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah WTP, UNJ Raih Anugerah Tata Kelola Keuangan KPPN Kemenkeu

Kompas.com - 20/07/2023, 18:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Setelah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dari tahun 2019–2023, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih penghargaan tata kelola keuangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (KPPN Kemenkeu).

UNJ meraih anugerah Peringkat I Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Tercepat dan Benar. Selain UNJ, kategori tersebut diraih juga Koopsus TNI di peringkat kedua dan berikutnya Polres Metro Jakarta Pusat di peringkat ketiga.

Penghargaan ini diterima langsung Rektor UNJ Prof. Komarudin pada kamis 20 Juli 2023 di Aula lantai 7 Gedung Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DKI Jakarta.

Selain acara Penganugerahan Kinerja Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Terbaik Satker KPPN Jakarta III, pada kegiatan ini juga dilangsungkan sharing session Peningkatan Integritas dan Penguatan Anti Korupsi.

Kepala KPPN Jakarta III, Mochamad Chamnur Susanto mengatakan, tujuan kegiatan adalah meningkatkan kedekatan antara KPPN Jakarta III dengan satuan kerja mitra dan mengapresiasi mitra kerja dalam disiplin menyampaikan laporan, capaian output, IKPA, hingga LPJ.

"Tanpa bantuan bapak ibu, KPPN Jakarta III tidak bisa memberikan kinerjanya yang terbaik. Jadi biasanya kami menegur satker yang terlambat. Untuk hari ini, bentuk apresiasi dan terima kasih kami pada satker yang berdedikasi," ungkap Chamnur Susanto.

Dalam kesempatan tersebut, Chamnur Susanto juga menyampaikan pihaknya tidak bisa bekerja sendiri dan harus melakukan kerja bersama dalam meningkatkan integritas, salah satunya melalui Gerakan Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi. 

Terkait penghargaan yang diterima UNJ, Chomnur menyebuthal ini menjadi preseden baik tata kelola keuangannya. “Berarti kira-kira UNJ sebagai pelaksana pendidikan, UNJ dapat menyelenggarakan pelaporan transaksi keuangan dengan sangat baik,” jelasnya.

Baca juga: Kemendikbudristek Raih Opini WTP 10 Kali Berturut-turut, Nadiem: Alhamdulillah, Berkat Masukan dari BPK

Rektor UNJ Prof. Komarudin merasa bangga dengan kerja tim keuangan UNJ. "Ini menandakan tata kelola keuangan UNJ patut diapresiasi karena kinerja yang begitu luar biasa dan menandakan tata kelola keuangan UNJ sesuai standar dapat memberikan kepuasan bagi pemangku kepentingan di bidang keuangan," jelas Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, "secara kinerja kita valid dan patut mendapatkan apresiasi karena memang sudah berkinerja sangat baik, baik internal dari KPPN maupun eksternal dari KAP (Kantor Akuntan Publik) memang ada relevansinya bahwa tata Kelola keuangan itu sudah sangat baik dan itu valid."

Ia menambahkan, tata kelola keuangan UNJ sudah mendapat apresiasi penghargaan, dari raihan WTP selama lima tahun berturut–turut, dan kini tata kelola keuangan UNJ mendapat penghargaan kembali.

“Sekali lagi selamat kepada UNJ melalui melalui tim keuangan atas diraihnya peringkat pertama dalam penyampaikan laporan pertanggungjawaban bendahara tercepat dan benar pada satuan kerja lingkup KPPN Jakarta III periode semester I Tahun Anggara 2023. Terima kasih atas kerja hebat dan kekompakannya,” tutup Prof. Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com