Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Kompetisi di Italia, Mobil Formula UGM Raih Banyak Penghargaan

Kompas.com - 18/07/2023, 18:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Pada kompetisi Formula SAE Italia di Sirkuit Riccardo Paletti, Parma, Italia, 12-16 Juli 2023, tim mobil balap formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih banyak penghargaan.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri tim Bimasakti UGM karena dapat berkompetisi dan bersaing dengan 78 peserta tim-tim formula student lain dari berbagai negara.

Menurut salah satu anggota tim, Rizqia Dinda, pada kompetisi kali ini Bimasakti Pegadaian Racing Team Universitas Gadjah Mada berhasil meraih prestasi yang membanggakan.

Baca juga: Tim Bimasakti UGM Siap Berlaga di Formula SAE Italy

Adapun beberapa prestasinya antara lain:

1. 1st Place Business Plan Presentation

2. Top 8 Overall

3. Top 5 Endurance

4. Top 6 Acceleration

5. Top 5 Skidpad

6. Top 5 Autocross

Bahkan untuk menggapai juara pertama itu, Rizqia mengatakan semua tidak mudah. Sebab harus menyisihkan 78 peserta dari berbagai universitas dari mancanegara dengan tingkat kompetitif dan inovasi yang tinggi.

"Namun, sekali lagi, Tim Bimasakti membuktikan bahwa Tim Bimasakti mampu setara dengan tim-tim formula student mancanegara," ujarnya dikutip dari laman UGM, Selasa (18/7/2023).

Ia menjelaskan, di kategori Business Plan Presentation, tim Bimasakti mengungguli Università di Bologna dan Università degli Studi di Padova yang berasal dari Italia serta menorehkan rekor sebagai tim formula student Indonesia yang berhasil dua kali berturut-turut menjadi yang terbaik.

"Kita pernah meraih penghargaan Business Plan Presentation, baik di Formula Student Netherlands 2022 dan sekarang Formula SAE Italia 2023," jelasnya.

Usai melalui tahapan yang panjang dan berhasil menyabet banyak penghargaan, prestasi yang diraih oleh Bimasakti Pegadaian Racing Team tidak lepas dari perjuangan Departemen Teknis dan Operasional serta dukungan dari pihak sponsor dan universitas.

"Tanpa bantuan dan dukungan dari pihak sponsor, Tim Bimasakti tidak akan dapat memperdalam riset, membuat inovasi, dan mengukir prestasi," jelas dia.

Tentunya, dari prestasi ini bisa mendorong timnya dalam mempersiapkan riset dan inovasi di generasi mobil formula selanjutnya.

Baca juga: Webinar UGM: Wolbachia, Inovasi Baru Penanggulangan DBD

Serta diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk terus semangat dalam berinovasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com