Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Bimasakti UGM Siap Berlaga di Formula SAE Italy

Kompas.com - 29/06/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Bulan depan, Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) siap berlaga di ajang Formula SAE Italy 2023 di Sirkuit Riccardo Paletti, Varano ‘de Melegari, Italia, 12-16 Juli 2023.

Adapun Tim Bimasakti Generasi 12 ini sudah melakukan berbagai improvement, diantaranya di bagian aerodinamika, mesin mobil dan dimensi ban yang di generasi sebelumnya menggunakan 18 inch kali ini yang memakai 16 inch.

Menurut Yosh Alfaninata selaku Kapten Tim Bimasakti Generasi 12, semua improvement itu diharapkan bisa berpengaruh terhadap formula mobil itu sendiri.

Sebab, 80 persen manufaktur dari dalam negeri dan lainnya baru mengikuti standar di berbagai ajang perlombaan.

Baca juga: Diskusi di UGM, Menteri PUPR: Ada 2 Hal Penting Penyelenggaraan Jalan Tol

"Secara keseluruhan untuk pengembangan mobil ini memakan biaya Rp 650 juta," ujar Yosh Alfaninata dikutip dari laman FK UGM, Selasa (27/6/2023).

Berharap jadi kebanggaan masyarakat Indonesia

Ia mengaku, tim Bimasakti banyak waktu dan pikiran tercurahkan untuk menghasilkan karya mobil ini.

Karenanya dia berharap Bimasakti Generasi 12 tidak hanya menjadi kebanggaan tim tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia terutama saat mengikuti kompetisi tingkat internasional di Itali nantinya.

"Tim Bimasakti UGM berharap dengan teknologi hybrid dalam pengembangan kali ini berhasil meraih berbagai penghargaan dan kejuaraan, mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional pada kompetisi-kompetisi yang akan diikuti," terangnya.

Untuk itu, dia bersama tim menargetkan 1st Place Business Plan Presentation, Top 5 Engineering Design, Top 10 Cost and Manufacturing, disertai dengan beragam pencapaian lainnya dalam semua cabang perlombaan yang terdapat di Formula SAE Italy 2023.

Hal itu tentunya menjadi pemicu para mahasiswa anggota tim untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Baca juga: Mahasiswa Unja Inovasi Biobriket Nipah, Jadi Solusi Energi Terbarukan

Seperti di tahun sebelumnya, Bimasakti berhasil menjadi Student Formula Team pertama dari Indonesia yang berlaga di Eropa dengan menorehkan beberapa prestasi membanggakan pada kompetisi Formula Student Netherlands 2022.

Prestasi tersebut diantaranya The Golden Fighter Award dan 1st Place Business Plan Presentation. Tahun ini dengan semangat yang lebih seluruh anggota tim menargetkan perolehan yang lebih tinggi lagi demi harumnya nama bangsa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang terus memberikan dukungan dan membantu menyiapkan segala persiapan yang dibutuhkan untuk Formula Student Italy," tutur dia.

Ia juga menjelaskan perkembangan teknologi motor sport dunia yang semakin maju memotivasi Tim Bimasakti untuk mengambil bagian sebagai pionir teknologi hybrid powertrain di dunia motorsport Indonesia.

Berbagai inovasi telah dilakukan

Berbagai inovasi transisi energi dunia yang mengarah pada inovasi hemat energi dan rendah emisi diakuinya turut menginspirasi Tim Bimasakti Pegadaian Racing Team tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com