Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Prinsip Pelaksanaan MPLS Sesuai Permendikbud

Kompas.com - 14/07/2023, 09:39 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan salah satu kegiatan penting sebelum siswa mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

MPLS tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan hal yang berhubungan dengan sekolah. Baik guru maupun sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Tetapi juga bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, membangun koneksi sosial, dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang aturan dan nilai-nilai yang berlaku.

Orangtua yang akan melepas anaknya mengikuti MPLS jangan khawatir karena MPLS atau dulu disebut dengan ospek, tidak akan diwarnai dengan tindak perpeloncoan.

Baca juga: Tips Dampingi Anak Masuk TK agar Cepat Beradaptasi

7 prinsip MPLS sesuai Permendikbud

MPLS diatur oleh Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru yang menggariskan berbagai aturan yang perlu dipatuhi.

Melansir laman Direktorat Jenderal SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen SMP Kemendikbud Ristek), Jumat (14/7/2023) menerangkan prinsip-prinsip MPLS yang perlu diketahui siswa baru maupun orangtua:

1. Mengutamakan aspek pendidikan dan kebermanfaatan

MPLS harus memberikan pemahaman awal mengenai visi-misi, program, dan tata tertib sekolah. Selain itu, kegiatan MPLS juga harus mencakup aspek pembelajaran yang bermanfaat, edukatif, dan kreatif.

Dalam MPLS tidak dibenarkan untuk menyuruh siswa menggunakan atribut-atribut yang tidak wajar dan melakukan aktivitas tidak bermanfaat yang tidak ada hubungannya dengan proses pembelajaran di sekolah.

2. Menyenangkan siswa baru

MPLS harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa baru sehingga bisa mewujudkan peserta didik yang memiliki semangat belajar, produktif, dan penuh rasa tanggung jawab.

Dengan pengalaman yang menyenangkan sejak awal, tentu siswa akan terus bersemangat mengikuti pembelajaran di sekolah hingga hari-hari yang akan datang.

3. Menanamkan karakter positif

Satuan pendidikan perlu mengadakan kegiatan MPLS yang dapat menumbuhkan akhlak dan karakter pada peserta didik baru.

Hal tersebut juga berkaitan dengan penghormatan pada nilai-nilai kebersamaan, budaya, dan etika yang diterapkan oleh sekolah.

Baca juga: Contoh Kegiatan MPLS 2023 SMA yang Inspiratif dan Edukatif

4. Mendorong persamaan hak

MPLS wajib mengedepankan kegiatan yang mengakomodasi kebutuhan semua siswa dengan memegang prinsip persamaan hak. Persamaan hak harus dijunjung tinggi dalam semua kegiatan MPLS.

5. Menjunjung tinggi kesehatan dan keselamatan

MPLS harus melibatkan aspek kesehatan dan keselamatan siswa. Segala upaya harus dilakukan untuk memastikan bahwa siswa berada dalam lingkungan yang sehat, aman, dan bebas dari risiko kecelakaan.

6. Mendorong partisipasi siswa baru

Kegiatan MPLS harus mendorong partisipasi aktif dari siswa baru. Keterlibatan mereka dalam kegiatan MPLS akan membantu menciptakan ikatan yang kuat antar-siswa dan warga sekolah lainnya.

7. Meniadakan tindak kekerasan

Dalam kegiatan MPLS, pihak sekolah wajib memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan jauh dari tindak kekerasan, perpeloncoan, dan perundungan (bullying) sehingga MPLS dapat meninggalkan kesan baik pada peserta didik.

Baca juga: Aturan MPLS 2023 SMP di Kota Bogor: Tidak Boleh Libatkan Kakak Kelas

Demikian beberapa prinsip dari MPLS sesuai Permendikbud yang perlu diketahui orangtua dan siswa. Dengan memegang prinsip MPLS dari Permendikbud ini diharapkan pelaksanaan MPLS di semua tempat akan berjalan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com