Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kegiatan MPLS 2023 SMA yang Inspiratif dan Edukatif

Kompas.com - 10/07/2023, 18:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah kegiatan awal sekolah atau dulu disebut dengan istilah Masa Orientasi Sekolah (MOS).

MPLS dilaksanakan untuk semua siswa baru tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Biasanya MPLS dilaksanakan pada tiga hari pertama masuk sekolah.

Sebagai siswa baru, tentu kamu ingin tahu lebih banyak apa saja kegiatan yang dilaksanakan selama MPLS.

Namun jangan khawatir karena kegiatan MPLS saat ini jauh dari kata perpeloncoan dari kakak tingkat seperti era dahulu.

Baca juga: Apa Itu MPLS, Tujuan dan Manfaatnya? Siswa Baru Perlu Tahu

Contoh kegiatan MPLS bagi siswa SMA

Selama kegiatan MPLS khususnya bagi siswa SMA lebih menekankan pada pembentukan karakter dan pengenalan lingkungan sekolah beserta tata tertib, peraturan, budaya, sistem dan sebagainya.

Sebagai informasi, MPLS diadakan berdasarkan pada peraturan yang tertuang pada Permendikbud nomor 82/ 2015.

Melansir laman sekolah SMA Dwiwarna, Senin (10/7/2023) membagikan informasi berbagai macam kegiatan MPLS di jenjang SMA.

Berikut beberapa kegiatan MPLS jenjang SMA yang inspiratif:

1. Salah satu kegiatan MPLS bagi anak SMA adalah penekanan pada semua siswa baru untuk mengikuti peraturan sekolah.

Seperti cara berpakaian seragam yang rapi, kedisiplinan di lingkungan sekolah dan kehidupan berasrama bagi sekolah boarding school, sikap sopan pada teman, kakak kelas dan guru serta tata tertib sekolah lainnya.

2. Selain itu, kegiatan MPLS lainnya yakni pengenalan kepada lingkungan sekolah meliputi fasilitas yang ada, sarana prasarana, pengenalan kepada seluruh jajaran guru dan karyawan sekolah serta lainnya.

3. Satu lagi kegiatan MPLS yang bisa dilakukan siswa SMA adalah melakukan kegiatan sosial. Kegiatan sosial bersama bisa dilakukan dengan berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, kerja bakti di kampung sekitar, pembagian sembako bagi penduduk di sekitar sekolah dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tips Hadapi Masa Ospek, Calon Mahasiswa Baru Cek Sekarang

4. Satu lagi kegiatan MPLS yang menumbuhkan rasa cinta terhadap alam sekitar. Yakni kegiatan pelestarian alam dengan penanaman pohon di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Selain itu bisa diisi dengan kegiatan pemberian bibit pohon dan bunga pada penduduk pemukiman sekitar agar udara kembali sejuk karena banyaknya tumbuhan.

5. Kegiatan MPLS untuk anak SMA juga bisa berupa penanaman sikap disiplin pada siswa baru dengan memberikan reward serta punishment.

Kegiatan ini bisa berupa pengenalan tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, menjaga dan membawa nama baik dari sekolah, kerukunan antar siswa dan sebagainya.

6. Setelah lulus SMA, mereka memasuki dunia perkuliahan, tidak ada salahnya kegiatan MPLS diisi dengan pengenalan pada dunia kerja yang akan dijalani para siswa kelak. Dengan kegiatan ini bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

7. Kegiatan MPLS yang tak kalah penting adalah mengenalkan program ekstrakurikuler yang ada di sekolah melalui parade unit kegiatan. Contoh kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Misalnya pramuka, marching band, pecinta alam, mading, beragam jenis olahraga seperti basket dan bela diri, kelompok karya ilmiah serta banyak lagi ekskul lainnya.

Baca juga: Apa Itu Ospek Maba? Cek Penjelasan dan Manfaatnya

Demikian contoh kegiatan MPLS bagi siswa SMA yang inspiratif dan edukatif. Siswa baru yang sebentar lagi mengikuti MPLS tentu tidak sabar mengikuti berbagai kegiatan dan mendapatkan teman-teman baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com