Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu MPLS, Tujuan dan Manfaatnya? Siswa Baru Perlu Tahu

Kompas.com - 25/06/2023, 11:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di masa awal tahun ajaran baru, siswa akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau dulu juga sering disebut dengan istilah Masa Orientasi Sekolah atau MOS.

Di masa lalu, kegiatan MOS sering kali dikaitkan dengan aktivitas perpeloncoan yang dilakukan kakak kelas ke siswa baru.

Namun Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS saat ini berbeda dan sama sekali tidak ada aktivitas perpeloncoan oleh kakak kelas.

Siswa baru tentu ingin tahu apa sebenarnya kegiatan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

Baca juga: Kantin dan Jajanan Sehat Sekolah, 3 Makanan Ini Perlu Dibatasi

Pengertian MPLS

Melansir laman sekolah SMA Dwiwarna Bogor, MPLS adalah sebuah kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti oleh semua siswa baru.

Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah.

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah disesuaikan dengan Permendikbud nomor 18 tahun 2016.

MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar-murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya.

Perkenalan sekolah melalui MPLS meliputi pengenalan semua kegiatan rutin, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS biasanya dilaksanakan oleh sekolah selama 3 hari dan kalau lebih dari itu orangtua memiliki hak untuk menanyakannya kepada pihak sekolah.

Baca juga: Jalur Mandiri UINSA 2023 Masih Buka, Cek Syarat, dan Cara Daftarnya

Maksud dan tujuan kegiatan MPLS

Kegiatan MPLS yang diadakan sekolah tidak serta merta tanpa maksud dan tujuan. Siswa baru yang mengikuti MPLS akan mendapat banyak manfaat. Berikut maksud dan tujuan MPLS yang perlu diketahui siswa baru:

  • Memperkenalkan lingkungan sekolah
  • Menggali potensi yang terdapat di dalam diri siswa baru.
  • Membantu agar para siswa baru dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya yang meliputi sarana prasarana, aspek keamanan serta fasilitas umum.
  • Menumbuhkan semangat, motivasi serta cara belajar yang lebih efektif sebagai siswa baru.
  • Mengembangkan sebuah interaksi yang positif antara siswa dan juga warga sekolah lainnya seperti guru dan karyawan sekolah.
  • Menumbuhkan sikap dan perilaku yang positif yaitu kemandirian, kejujuran, saling menghargai, menghormati persatuan dan keanekaragaman, kedisiplinan, hidup yang bersih dan sehat agar terwujud siswa yang mempunyai integritas, etos kerja serta semangat gotong royong.

Selama kegiatan MPLS bermanfaat untuk membantu siswa baru mengenal semua hal yang terkait dengan sekolah termasuk nilai, sistem, budaya, tata tertib dan sebagainya.

Baca juga: Catat Jadwal Terbaru PPDB Jabar Tahap 2 SMA/SMK dan Cara Daftarnya

Demikian informasi mengenai penjelasan apa itu MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, tujuan hingga manfaat yang bisa diperoleh para siswa.

Karena tahun ajaran baru akan dimulai beberapa minggu lagi, tentu kamu tidak sabar juga mengikuti MPLS di sekolah barumu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com