Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta SNBP dan UTBK Bisa Masuk Unesa Tanpa Tes, Cek Infonya di Sini

Kompas.com - 12/06/2023, 16:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka banyak skema penerimaan mahasiswa baru pada jalur mandiri 2023.

Tujuannya untuk memberikan kesempatan yang luas kepada putra-putri daerah yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.

Bagi peserta yang belum lolos pada jalur SNBP dan UTBK, bisa memanfaatkan nilai rapor atau nilai UTBK-nya untuk masuk Unesa tanpa tes.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr. Sukarmin mengatakan, pada jalur mandiri (SPMB) ini, Unesa membuka jalur tanpa tes alias menggunakan nilai 'tes' nasional.

"Jalur ini terbagi menjadi dua kategori yaitu non-tes peserta SNBP (menggunakan nilai rapor) dan nontes peserta UTBK (menggunakan nilai tes UTBK)," kata dia mengutip laman Unesa, Senin (12/6/2023).

Dia mengatakan, jalur non-tes SNBP ini bisa dimanfaatkan oleh peserta yang belum lolos jalur SNBP atau yang belum masuk kategori peserta eligible.

Saat mendaftar, peserta nanti cukup menyerahkan nilai rapor semester 1 sampai 4 yang didukung dengan sertifikat yang pernah didapat atau diraih saat mengikuti kompetisi waktu di SLTA.

"Bagi adik-adik yang nilai rapornya bagus, bisa memilih prodi apapun yang ada di Unesa. Bagi yang nilai raportnya sedang, pilihlah prodi Unesa yang persaingannya tidak terlalu tinggi. Buat adik-adik yang memilih prodi keolahragaan dan seni, bisa didukung dengan portofolio atau sertifikat," jelas dia.

Sedangkan jalur non-tes UTBK disiapkan khusus untuk peserta yang belum lolos di jalur UTBK, tetapi nilai tesnya bagus.

Lewat jalur ini peserta juga bisa memilih prodi apa saja yang ada di Unesa.

Namun sangat disarankan pemilihan prodi bisa disesuaikan dengan nilai yang diperoleh.

Dengan kata lain, kalau nilainya bagus, peserta bisa memilih prodi mana saja, tetapi bagi yang nilainya sedang, bisa menggunakan strategi memilih prodi yang persaingannya rendah.

Baca juga: Ahli IT UM Bagikan 6 Tips Bedakan Penjualan iPhone Asli dan Palsu

Dia menyebut, informasi mengenai keketatan atau persaingan prodi yang ada di jalur mandiri Unesa ini bisa dilihat dari laman https://admisi.unesa.ac.id/.

"Selain itu, adik-adik yang punya sertifikat atau portofolio tentu menjadi poin tersendiri, terutama yang memilih prodi keolahragaan dan seni," ucap dia.

Pendaftaran jalur non-tes SNBP dibuka pada 29 Mei-22 Juni 2023. Sementara jalur non-tes UTBK dibuka pada 22-30 Juni 2023.

Adapun persyaratan peserta yang mendaftar jalur ini sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2023 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus)
  • Peserta yang memilih prodi-prodi keolahragaan dan seni serta belum memiliki nilai portofolio dari SNBP dengan pilihan Unesa, wajib mengupload dokumen portofolio.

Selain jalur non-tes tersebut, Sukarmin menambahkan ada banyak jalur lain SPMB yang bisa disasar peserta. Ada jalur prestasi, jalur khusus disabilitas, jalur TMUBK, jalur afirmasi, kerja sama dan luar negeri.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

""Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Sampai ketemu di Unesa," ucap Sukarmin.

Informasi lebih lanjut jalur SPMB Unesa bisa mengunjungi, https://admisi.unesa.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com