Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus dengan Jurusan Musik di Indonesia, Referensi Calon Mahasiswa

Kompas.com - 12/06/2023, 10:03 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan musik bisa menjadi pilihan mahasiswa yang berbakat di bidang seni dan memiliki mimpi menjadi musisi profesional.

Bagi calon mahasiswa yang memiliki minat dalam dunia musik, ada beberapa jurusan musik terbaik yang dapat dipilih. Seperti pendidikan musik, musikologi hingga studi musik etnik, program-program ini memberikan landasan yang kokoh bagi calon mahasiswa untuk membangun karir di industri musik

Melansir melalui laman Ruangguru, berikut adalah 5 kampus dengan jurusan musik di Kampus Indonesia yang dapat memenuhi kebutuhan dan minat calon mahasiswa.

5 Jurusan Musik Terbaik di Kampus Indonesia

Baca juga: Dokter RSA UGM: Begini Cara Mencegah Penularan Mata Belekan

1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

IKJ adalah salah satu kampus yang sering dipilih oleh para seniman Indonesia untuk mengeksplorasi passion mereka di bidang seni, termasuk seni musik.

Sebagai Perguruan Tinggi Seni pertama yang menyediakan semua bidang studi seni dalam satu kampus, IKJ telah mencatat sejarah yang gemilang.

Jurusan Seni Musik IKJ telah melahirkan banyak musisi terkenal seperti Iwan Fals dan Naif. Jurusan S1 Seni Musik IKJ tergabung dalam Fakultas Seni dan Pertunjukan bersama dengan jurusan lain seperti Seni Tari, Seni Teater, Etnomusikologi, dan Antropologi Tari.

Baca juga: Kemenag Dukung UIN Jakarta Jadi PTKN Badan Hukum

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kampus seni yang berlokasi di Yogyakarta ini merupakan kampus negeri dengan jurusan seni tertua di Indonesia. Banyak seniman terkenal Indonesia yang berasal dari kampus ini, seperti Butet Kartaredjasa, Edhi Sunarso, dan Didik Nini Thowok.

Jurusan S1 Seni Musik ISI Yogyakarta tergabung dalam Fakultas Seni Pertunjukan bersama dengan jurusan seni lainnya, seperti etnomusikologi, penciptaan musik, tari dan teater, karawitan, dan pedalangan.

Baca juga: Alami Masalah di PPDB Jabar 2023? Ini Alur Pengaduannya

3. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Kampus yang didirikan sejak tahun 1956 ini merupakan salah satu kampus negeri dengan jurusan Seni Musik di Sumatera. Jurusan S1 Seni Musik di ISI Padang Panjang tergabung dalam Fakultas Seni Pertunjukan bersama dengan Seni Tari, Seni Teater, dan Seni Karawitan.

4. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB)

Bandung juga memiliki kampus dengan jurusan Seni Musik yang menarik. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB) adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mengejar pendidikan di bidang Seni Musik. STiMB menawarkan dua program studi, yaitu D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik.

Baca juga: Bangun Semangat Socio-Creative Entrepreneurship, USG Education Gelar Pameran untuk Mahasiswa

5. Universitas Pelita Harapan

UPH adalah universitas swasta yang menyediakan program S1 Seni Musik dengan berbagai program studi menarik. Calon mahasiswa dapat memilih program studi seperti Classical Performance, Jazz & Pop Music Performance, Music Education, Music Therapy, Church Music Ministry, Performing Arts Production & Management, Sound Design & Music Production, dan Music Composition & Film Scoring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com