Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 19:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa dan startup meraih apresiasi dalam kompetisi inovasi digital dan teknologi Astranauts 2023 dalam Demo Day and Awarding Astranauts 2023 di Menara Astra, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Astranauts 2023 yang mengangkat tema “Building A Sustainable Future Through Technology” merupakan satu bentuk nyata Astra untuk mendukung perkembangan inovasi digital bagi mahasiswa dan startup di Indonesia.

Pemenang Astranauts 2023 telah mencetuskan ide inovatif di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fin-tech, logistic, serta new media.

Baca juga: 3D Print Fest, Dukung Siswa SMK Berinovasi dengan Teknologi 3D Printing

Selama masa penjaringan lalu, Astranauts berhasil mendapatkan lebih dari 900 ide inovasi dari 2.200 pendaftar.

Setelah melewati tahap kurasi, terpilih 23 finalis yang terdiri dari 12 startup dan 11 mahasiswa, yang mana seluruhnya telah mendapatkan sesi mentorship dengan para pakar dari berbagai industri selama dua pekan, serta mempresentasikan konsep bisnis dan ide inovasi di hadapan Direksi Astra dalam rangkaian acara Demo Day.

Direktur Astra, Santosa saat membacakan sambutan Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, sebagai wujud dukungan Astra terhadap ekonomi digital Indonesia, Astra menginisiasi Astranauts sejak tahun 2022.

"Untuk semakin mendorong inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia dalam menjawab tantangan bisnis dan teknologi serta memberikan dampak positif bagi Indonesia secara berkelanjutan,” ujarnya.

Baca juga: Cetak SDM Siap Kerja, Astra Resmikan Kampus ASTRAtech di Cikarang

Chief of Group Digital Strategy Astra, Paul Soegianto menjelaskan tema “Building A Sustainable Future Through Technology” dipilih karena dalam membangun digital teknologi harus dengan prinsip berkelanjutan.

Lebih lanjut, Paul mengaku panitia Astranauts 2023 cukup kesulitan dalam pemilihan pemenang karena seluruh finalis tahun sangat berkualitas.

“Semua finalis yang ada di sini patut berbangga karena mereka terpilih dari 900 tim yang ikut dalam Astranauts kali ini. Kemudian kita juga ada tema out of the box, beberapa finalis kita pilih karena mereka membawakan tema dan teknologi yang baru di Indonesia,” kata Paul.

Baca juga: Astra Credit Companies Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Yuk Daftar

Setelah melewati serangkaian tahapan penjurian, terpilih masing-masing tiga pemenang pada jalur mahasiswa dan startup.

Pemenang Astranauts 2023 Jalur Mahasiswa

Juara 1: Karla Bionics

Juara 2: Moona

Juara 2: MyECO

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com