Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Founder TrainEdu Ungkap Alasan Malaysia Jadi Destinasi Belajar yang Patut Dilirik

Kompas.com - 08/06/2023, 17:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kuliah di Malaysia menjadi salah satu pilihan menarik bagi mahasiswa yang mencari pengalaman pendidikan berkualitas, lingkungan multikultural, dan biaya terjangkau. Selain itu berkuliah di luar negeri juga menawarkan pengalaman berbeda.

Ada beberapa alasan Malaysia menjadi salah satu destinasi studi, antara lain; Pertama, Malaysia memiliki sistem pendidikan berkualitas tinggi dengan banyak universitas terkemuka yang menawarkan program-program akademik yang beragam.

Kedua, biaya kuliah di Malaysia relatif terjangkau, sehingga mahasiswa dapat meraih pengalaman pendidikan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Ketiga, infrastruktur kampus yang modern dan fasilitas yang lengkap memberikan lingkungan belajar yang optimal.

Terakhir, lingkungan multikultural Malaysia memungkinkan mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka, membangun jaringan internasional, dan merasakan keragaman budaya.

RM Rasyid, Founder dan CEO TRAIN Edu-@studymalaysia.id melalui rilis resmi (8/6/2023) berharap perkuliahan terjangkau ke Malaysia dapat dijadikan opsi untuk para calon mahasiswa dapat melanjutkan perkuliahannya untuk jenjang S1, S2 maupun S3.

Ia mengungkapkan, saat ini tercatat ribuan mahasiswa aktif berasal dari Indonesia sedang melanjutkan perkuliahan di Malaysia. Alumni S2 Master of Business Administration dari Putra Business School, Universiti Putra Malaysia ini mendorong Malaysia sebagai destinasi perkuliahan.

"Saat berkuliah di luar negeri, kita diajarkan kehidupan mandiri, walaupun Malaysia secara geografis dekat, tetapi banyak perbedaan secara kultural maupun sistem pembelajaran," jelas pria kelahiran 26 Februari 1997 ini.

Berawal dengan pengalaman sulitnya mengurus administrasi saat berkuliah ke Malaysia, RM Rasyid bersama timnya saat ini sudah mengurus lebih dari 300 mahasiswa untuk dapat terdaftar di berbagai kampus pilihan di Malaysia.

"Saya pribadi ingin mahasiswa dari Indonesia yang berkuliah di Malaysia dapat merasakan kemudahan dan pengalaman yang menyenangkan saat pertama kali datang ke Malaysia sebagai mahasiswa"

Ia menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai universitas ternama di Malaysia, juga Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta dan Education Malaysia Global Services (EMGS) untuk mempromosikan perkuliahan ke Malaysia dengan proses administrasi hingga kedatangan yang mudah.

"Kami hadir untuk memberikan opsi bahwa Malaysia, sebagai negara tetangga, merupakan destinasi pendidikan yang layak dipertimbangkan selain biayanya yang terjangkau. Peringkat kampus-kampus di Malaysia juga unggul dalam berbagai peringkat Asia Tenggara. Proses administrasinya juga relatif mudah selama persyaratan terpenuhi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com