Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 7 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja

Kompas.com - 22/04/2023, 11:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang akan kuliah di tahun ajaran baru 2023/2024 tentu ingin memilih jurusan kuliah yang gampang cari kerja.

Sehingga setelah menyelesaikan studi, mereka tidak perlu menunggu terlalu lama dan bisa langsung terserap di dunia kerja.

Di era digital seperti sekarang, ada jurusan kuliah yang gampang cari kerja karena keahlian yang dimiliki dibutuhkan semua perusahaan.

Mengutip dari Kompas.com, Sabtu (22/4/2023) ada 7 jurusan kuliah yang gampang cari kerja. Jurusan apa saja itu? Simak informasi berikut ini:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan Yogya 2023/2024

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja

1. Teknik Industri

Lulusan Teknik Industri punya keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan.

Lulusan teknik industri tidak hanya bekerja di sektor industri. Tetapi juga bisa berkecimpung di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat dan lain sebagainya.

2. Akuntansi dan keuangan

Salah satu jurusan kuliah yang gampang cari kerja adalah lulusan akuntansi dan keuangan. Karena setiap perusahaan akan membutuhkan jasa seorang akuntan.

Peluang karier lulusan jurusan ini juga terbuka lebar. Mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan hingga manajer perpajakan.

3. Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis dapat membantu mengelola bisnis dan manajemen dengan lebih baik sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Tak hanya itu, lulusan kuliah ini bisa memanfaatkan pengetahuan untuk bekerja sebagai manajer HRD, marketing atau business researcher.

4. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi tidak hanya mempelajari aspek teknis terkait teknologi informasi tetapi pengetahuan tentang manajemen dan bisnis.

Bukan hanya perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sistem informasi melainkan lembaga pemerintah pun membutuhkan lulusan jurusan ini.

Baca juga: 4 Jalur Mandiri Unhas 2023 yang Masih Buka, Segera Daftar

5. Kedokteran

Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan favorit sejak dulu hingga sekarang. Hal ini juga tidak terlepas karena jurusan di bidang kesehatan banyak dibutuhkan setelah lulus.

Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain bisa membuka praktik sendiri, mahasiswa lulusan Kedokteran bisa membuka layanan konsultasi online.

6. Psikologi

Jurusan kuliah lainnya yang mudah dapat kerja adalah jurusan psikologi. Jasa seorang psikolog profesional makin banyak dibutuhkan karena makin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental.

Tak hanya bisa bekerja sebagai psikolog, lulusan psikologi bisa bekerja menjadi asesor, konsultan pendidikan dan di bagian personalia.

7. Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini cocok bagi calon mahasiswa yang kreatif dan suka menggambar. Desain Komunikasi Visual juga masuk dalam daftar jurusan kuliah yang mudah cari kerja.

Jurusan ini mengajari berbagai macam hal mulai dari seni desain ilustrasi, desain website hingga animasi. Mahasiswa lulusan Desain Komunikasi Visual harus bisa mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif dan komunikatif melalui media yang ada.

Baca juga: Ini Ketentuan PPDB 2023 Jalur Perpindahan Tugas Orangtua

Demikian 7 jurusan kuliah yang gampang cari kerja. Informasi ini bisa dijadikan referensi calon mahasiswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi tahun ajaran 2023/2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com