Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jalur Mandiri Unhas 2023 yang Masih Buka, Segera Daftar

Kompas.com - 22/04/2023, 09:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih ada empat jalur Mandiri Universitas Hasanuddin (Unhas) 2023 yang masih dimanfaatkan para calon mahasiswa.

Unhas merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terfavorit di Provinsi Sulawesi Selatan. Sehingga calon mahasiswa bisa memanfaatkan jalur Mandiri Unhas 2023 untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Tahun ajaran 2023/2024 ini, Unhas membuka 6 jalur Mandiri. Hingga 22 April 2023, masih ada 4 jalur Mandiri yang bisa dimanfaatkan para calon mahasiswa.

Perlu diketahui, pendaftaran semua jalur mandiri Unhas dilakukan secara online. Sehingga saat pelaksanaan ujian online sesuai jadwal yang telah ditentukan, peserta perlu menyiapkan komputer/laptop yang sistem operasinya (OS) Microsoft Windows untuk mengerjakan soal HP peserta terhubung dengan aplikasi Zoom.

Baca juga: 3 Jalur Mandiri UPN Jatim 2023: Simak Syarat, Biaya dan Jadwalnya

4 jalur Mandiri Unhas 2023

Empat jalur Mandiri Unhas yang masa pendaftarannya masih dibuka antara lain:

  • Jalur D4 Terapan
  • Jalur Jalur Non Subsidi (JNS) Non-UTBK
  • Jalur Mandiri UTBK
  • Jalur Mandiri Prestasi, Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK)

Merangkum dari laman regpmb Unhas, Jumat (21/4/2023) berikut informasi lengkap mengenai empat jalur Mandiri Unhas 2023 yang masih dimanfaatkan calon mahasiswa dan jadwal pendaftarannya.

4 Jalur Mandiri Unhas 2023

1. Jalur Mandiri JNS UTBK

Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS) UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang menjaring calon mahasiswa dengan prestasi akademik disamping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur JNS UTBK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK-SNBT 2023 dan satu nilai materi ujian yang diselenggarakan Unhas.

Calon mahasiswa yang mendaftar jalur ini, terdaftar sebagai peserta ujian UTBK SNBT 2023 dan memilih salah satu program studi di Universitas Hasanuddin.

Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar jalur Mandiri Unhas JNS UTBK.

Pendaftran Jalur Mandiri JNS UTBK (S1) mulai tanggal 21 sampai 30 Juni 2023 pukul 17.00 WITA.

Baca juga: Apakah Lulusan PKN STAN Langsung Diangkat Jadi CPNS? Ini Penjelasannya

2. Jalur Mandiri JNS Non UTBK

Jalur JNS Non UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan Universitas Hasanuddin untuk menyaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik disamping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur JNS Non UTBK dilakukan berdasarkan Nilai Ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (tanpa memperhitungkan Nilai UTBK).

Calon peserta adalah lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir (2021, 2022, 2023). Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada Jalur SNBP atau Jalur SNBT di Universitas Hasanuddin tidak diperkenankan lagi mendaftar JNS Non UTBK

Pendaftaran Jalur Mandiri JNS Non UTBK (S1) baru akan dimulai tanggal 2 Mei sampai 30 Juni 2023 pukul 17.00 WITA.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan Yogya 2023/2024

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com