Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Ingin Dobrak Sistem agar Lulusan Kampus Terserap di Dunia Kerja

Kompas.com - 22/04/2023, 07:29 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengaku bakal mendobrak sistem (pendidikan) yang ada.

Hal itu guna mencetak lulusan perguruan tinggi bisa terserap cepat di dunia kerja.

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia 2023

"Ini adalah tugas saya untuk mendobrak sistem, mendobrak hambatan, dan membuat institusi pendidikan kita dapat jauh lebih terserap oleh dunia luar," kata Nadiem pada akun Instagram peribadinya, Jumat (21 dalam unggahan di akun Instagramnya @nadiemmakarim dikutip Jumat, 21 April 2023.

Dia menyatakan, salah satu upayah yang diusahakan saat ini seperti mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan bersaing secara global.

Dirinya terus mengupayakan kolaborasi universitas di Indonesia dan luar negeri.

"Sekarang kami bekerja untuk pertama kalinya, ribuan perusahaan baik internasional dan ribuan universitas di luar negeri berkolaborasi dengan universitas di Indonesia untuk membuat program bersama, gelar bersama (joint degree)," jelas dia.

Nadiem menyebut bakal membuat skema tersebut agar rencana itu berhasil.

Kini, dia tengah menyusun rancangan kerja sama tersebut.

"Untuk melakukan itu kita harus memiliki pola pikir kerja sama dengan segala hal dan dengan pola pikir yang menarik dengan pola pikir yang terpercaya untuk membuat seluruh mitra untuk memberikan perubahan pada sistem pendidikan," tutur dia.

Laki-laki dan perempuan punya hak yang sama di dunia pendidikan

Nadiem pernah mengungkapkan, sebagai laki-laki yang dibesarkan oleh perempuan hebat, dirinya yakin semua orang memiliki hak memperoleh pendidikan yang setara.

Baca juga: Kemendikbud: Aturan Permenpan-RB Nomor 1 Berlaku Hanya untuk Dosen ASN

Tidak ada lagi mitos yang menganggap perempuan cukup sekolah sampai jenjang tertentu saja, atau perempuan cukup mempelajari bidang-bidang tertentu saja.

"Saya selalu percaya kalau kita memberikan keleluasaan yang sebesar-besarnya bagi semua untuk belajar dan berkarya, Indonesia akan mampu melompat jauh ke masa depan," kata dia.

Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan, Kemendikbud Ristek terus berupaya memfasilitasi dan mendorong pelajar Indonesia untuk berprestasi, salah satunya melalui manajemen talenta serta memastikan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman, merdeka dari segala bentuk kekerasan.

Hari Perempuan Internasional 2023 merupakan momentum yang tepat untuk terus mendukung perempuan dalam belajar, berkarya, dan berprestasi.

Setiap perempuan berhak mengembangkan potensi dan berkarya sesuai dengan minat dan bidangnya masing-masing, serta merdeka untuk mengejar mimpi dan cita-citanya.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Tangerang, Acuan PPDB 2023

"Saya mengucapkan selamat Hari Perempuan Internasional untuk semua perempuan tangguh dan hebat di seluruh Indonesia. Mari kita terus bergerak serentak mewujudkan kesetaraan di dunia pendidikan dengan semangat Merdeka Belajar," kata Nadiem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com