Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia 2023

Kompas.com - 19/04/2023, 07:31 WIB
Dwi Oktariana,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika bidang Saintek memiliki Jurusan Kedokteran sebagai jurusan dengan peminat terbanyak, maka bidang sosial humaniora (soshum) memiliki Jurusan Akuntansi yang selalu menjadi salah satu jurusan terfavorit dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

Sebagai salah satu jurusan yang hampir selalu ada di banyak perguruan tinggi, peminat yang mendaftar di Jurusan Akuntansi juga selalu tinggi.

Misalnya pada pelaksanaan SBMPTN 2022, Universitas Indonesia (UI) menerima 1.570 pendaftar pada jurusan ini.

Sebagai jurusan yang selalu menarik banyak pendaftar, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu besaran biaya kuliah yang harus dibayarkan di universitas yang akan dituju.

Baca juga: UI Peringkat 1 Kampus Terbaik Versi QS WUR Subject Ranking 2023

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di jurusan Akuntansi, daftar 7 universitas dengan jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings 2023 by Subject bisa menjadi referensi saat menentukan perguruan tinggi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut 7 universitas dengan jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023 beserta biaya kuliahnya.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang berlokasi di Yogyakarta ini menerapkan dua mekanisme biaya kuliah, yaitu berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul UGM dan UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi UGM.

Mekanisme biaya kuliah tersebut ditentukan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan mahasiswa.

Khusus untuk UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi, UGM akan memberikan subsidi sebesar 100 persen, 75 persen, 50 persen, atau 25 persen dari besaran nominal UKT Pendidikan Unggul.

Berikut biaya kuliah jurusan Akuntansi di UGM

  • UKT Pendidikan Unggul: Rp 9.200.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 25 persen: Rp 6.900.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 50 persen: Rp 4.600.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 75 persen: Rp 2.300.000
  • UKT Pendidikan Unggul Bersubsidi 100 persen: Rp 0

Calon mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri UM-CBT UGM dan ditetapkan UKT Pendidikan Unggul, maka akan dikenakan Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) di UGM sebesar Rp 20.000.000 untuk bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai biaya kuliah di UGM, silakan kunjungi laman portal https://um.ugm.ac.id/.

Baca juga: UGM dan Unnes Buka Jalur Mandiri Khusus E-Sport, Mulai D3, D4, S1

2. Universitas Indonesia (UI)

Kampus yang selalu masuk ke daftar universitas terbaik di Indonesia ini menerapkan dua mekanisme biaya kuliah bagi calon mahasiswa yang diterima di Program Sarjana Reguler, yaitu Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com