Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM dan Unnes Buka Jalur Mandiri Khusus E-Sport, Mulai D3, D4, S1

Kompas.com - 18/04/2023, 13:43 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa menekuni bidang e-sport? Kini 2 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) punya jalur bagi atlet e-sport untuk mendaftar kuliah jenjang D3, D4 dan S1.

Banyak anak muda yang menekuni bidang ini dan menjadi atlet e-sport. Karena itu, potensi siswa yang berkecimpung di e-sport difasilitasi masuk perguruan tinggi melalui jalur khusus.

Jalur untuk siswa yang juga atlet e-sport, dibuka oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Untuk Unnes, jalur yang dibuka ialah D3 dan S1 jalur prestasi. Bagi calon mahasiswa yang diterima di Jalur Seleksi Mandiri Prestasi, bisa mendapatkan keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kategori I/Kategori II dari semester 1 s.d semester 8 berdasarkan evaluasi dari Unnes.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Hukum UI, UGM, Unpad, Unair, UB

Sementara, untuk UGM sendiri membuka jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) 2023 yang dibuka bagi calon mahasiswa D4 dan S1. 

Untuk persyaratan dari kedua jalur mandiri PTN tersebut, cek informasi lebih lanjut bagi calon mahasiswa yang berprestasi bidang e-sport.

1. Jalur E-Sport Unnes

SM-Unnes Jalur Prestasi tahun akademik 2023/2024 bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

Persyaratan Umum:

  • Siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  • Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes, termasuk sanggup membayar biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) rendah (kategori I atau II), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.
  • Menandatangani di atas materai Rp 10.000 surat kesanggupan berprestasi selama masa studi yang akan dievaluasi tim.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Hukum UI, UGM, Unpad, Unair, UB

Persyaratan Khusus:

Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:

  • Juara I, II dan III (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara I (memperoleh sertifikat, piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam dalam bidang olahraga, seni/budaya, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan yang diperoleh selama di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz untuk muslim atau prestasi keagamaan lain untuk non muslim, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lainnya yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (individu atau kelompok maksimal 3 orang).
  • Pernah menjabat sebagai Ketua Osis/Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang berprestasi selama menempuh studi di SMA/MA/SMK/MAK.
  • Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga nomor perorangan untuk beladiri, tenis lapangan, tenis meja, bulutangkis, panahan, atletik, renang, e-sport dan sepak takraw yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui dan dibuktikan dengan surat pengantar oleh induk organisasi olahraga.
  • Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal terdiri 10 orang), tari (berpasangan) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya yang relevan.
  • Juara olimpiade/lomba mata pelajaran yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, Kemenag atau Kementerian lainnya.
  • Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag, Kemendikbudristek atau Kementerian lainnya.
  • Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai h harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.
  • Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

Jadwal Pendaftaran:

Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) mulai 1 Maret - 9 Juni 2023.

Biaya Pendaftaran:

  • Sosial Hukum/Sains Teknologi: Rp 300.000
  • Sosial Hukum dan Sains Teknologi: Rp 350.000
  • Ujian Keterampilan (bagi prodi tertentu): Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah)


Cara daftar jalur prestasi Unnes:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com