Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bantu Perusahaan Tingkatkan Kinerja, Dilantern Sediakan Solusi Pelatihan Kepemimpinan

Kompas.com - 08/03/2023, 13:00 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Ikan membusuk dimulai dari kepalanya." Pepatah tersebut memiliki arti bahwa kesalahan yang dilakukan oleh bawahan dalam sebuah organisasi atau lembaga sebenarnya tidak mungkin dapat dilepaskan dari peran seorang pemimpin yang buruk.

Pepatah milik seorang filsuf Romawi kuno, Marcus Tullius Cicero, itu sering kali digunakan untuk menggambarkan bahwa kepemimpinan bertanggung jawab besar dalam menentukan baik dan buruknya wajah sebuah organisasi atau lembaga.

Menjadi seorang pemimpin memang tidak mudah. Tidak hanya dituntut untuk cakap mengambil keputusan, pemimpin juga harus mampu mengakomodasi perbedaan aspirasi dari setiap orang di bawah kepemimpinannya agar tidak terjadi konflik.

Selain itu, melalui gaya kepemimpinannya, pemimpin yang baik dapat memberi contoh konkret kepada setiap bawahannya tentang cara memenuhi tanggung jawab dalam organisasi tersebut.

Beberapa teori berpendapat kalau sifat kepemimpinan adalah bawaan lahir sebagian orang. Sementara teori lain menilai sifat-sifat kepemimpinan dapat diadopsi dan dilatih, sehingga semua orang sebenarnya dapat menjadi pemimpin.

Melansir World Economic Forum, psikolog Daniel Goleman dalam hasil penelitiannya menyatakan bahwa pemimpin yang efektif harus memiliki kecerdasan emosional berupa kesadaran diri, regulasi diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial.

Baca juga: Meta Leadership: Gaya Kepemimpinan Efektif di Era Badai Krisis

Kelima kecerdasan emosional itu mengarah pada enam tipe gaya kepemimpinan. Namun, alih-alih memilih satu gaya kepemimpinan yang dianggap paling cocok, seorang pemimpin dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang berbeda sesuai dengan tuntutan situasi tertentu.

Lantas, apa saja enam gaya kepemimpinan tersebut? Berikut ulasan singkatnya dikutip Kompas.com dari beberapa sumber.

1. Kepemimpinan koersif

Kepimpinan tipe ini menuntut langsung kepatuhan anggota organisasi terhadap perintah pemimpin. Kepemimpinan koersif cocok untuk diterapkan dalam situasi darurat saat tindakan penyelesaian tanggung jawab tertentu harus menjadi prioritas.

Namun, dalam situasi normal, kepemimpinan koersif yang diterapkan terus-menerus justru akan melemahkan moral anggota dan mengurangi inovasi yang mungkin muncul.

2. Kepemimpinan otoritatif

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini memberi kebebasan kepada anggotanya untuk menentukan metode yang tepat dalam mencapai tujuan akhir. Pemimpin hanya menguraikan secara detail tujuan akhirnya, lalu memotivasi anggotanya untuk mencapainya.

Gaya kepemimpinan otoritatif dapat bekerja secara efektif dalam situasi ketika organisasi tidak memiliki sumber daya manusia yang ahli di bidang tertentu untuk mencapai tujuannya.

Baca juga: Compassionate Leadership: Gaya Kepemimpinan Penuh Cinta

3. Kepemimpinan afiliasi

Gaya kepemimpinan ini efektif untuk membangun ikatan antarindividu sebuah organisasi setelah mengalami peristiwa yang menimbulkan kerugian. Sebab, pemimpin akan menempatkan kebutuhan dan perhatian anggota dalam organisasinya sebagai prioritas.

Gaya kepemimpinan afiliasi tidak cocok diterapkan ketika anggota dalam sebuah organisasi sedang mencari bimbingan dan arahan dari seorang pemimpin.

4. Kepemimpinan demokratis

Pemimpin dengan gaya ini memberi anggota organisasinya kebebasan lebih besar dalam ikut mengambil berbagai keputusan. Gaya kepemimpinan demokratis dibutuhkan ketika situasi tertentu menuntut fleksibilitas dan ide-ide baru untuk dijalankan.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com