Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 7 Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

Kompas.com - 02/10/2022, 12:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bangsa Indonesia terkenal dengan kakayaan alamnya atau sumber daya alam (SDA). SDA merupakan sumber daya yang terkandung dalam bumi, air, dan dirgantara yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.

Adapun klasifikasi Sumber Daya Alam untuk mempermudah dalam mengetahui jenis-jenis sumber daya alam, SDA dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis.

Apa saja itu? Apakah siswa sudah paham? Melansir laman Kemendikbud Ristek, ini 7 potensi SDA di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Unsoed Inovasi Produk Replika Batu Alam dari Limbah Ini

Potensi Sumber Daya Alam Indonesia

Berikut ini adalah potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia:

1. Potensi Sumber Daya Udara

Udara memiliki fungsi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup dan tidak bisa digantikan dengan apapun.

Selain untuk bernapas, udara juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses fotosistesis yang nantinya, hasil dari fotosintesis yang berupa bahan makanan dan oksigen dapat dinikmati oleh manusia atau hewan.

Selain itu, udara memiliki potensi sumber daya alam yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu Negara, yakni sebagai pembangkit listrik.

Di Indonesia sendiri, pembangkit listrik tenaga angin dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan telah resmi dibangun untuk komersil pada 2018 di Sulawesi Selatan. Pembangunan PLTB di Sulawesi Selatan ini dapat memangkas penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca juga: Siswa SMK Inovasi Sepeda Motor Berbahan Bakar Elpiji

2. Potensi Sumber Daya Tanah

Sedang tanah sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bercocok tanam hingga pembangunan rumah dan jalan. Umumnya, tanah di Indonesia sangat cocok untuk ditumbuhi tumbuhan seperti padi, jagung, kayu jati, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, tanah aluvial, tanah androsol, tanah grumusol, tanah humus, tanah kapur, dan tanah mergel. Potensi sumber daya tanah yang tak luput dari kegunaannya untuk bercocok tanam, maka sektor pertanian dan perkebunan yang ada di Indonesia bisa menopang perekonomian Negara.

Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia menghasilkan hasil pertanian dan perkebunan yang cukup besar yang mana dapat membantu perekonomian masyarakat.

3. Potensi Sumber Daya Air

Air juga memegang peranan penting dalam kehidupan dan memiliki potensi besar dalam pembangunan suatu Negara. Air dapat digunakan sebagai pembangkit listrik dan juga berguna sebagai air minum bagi manusia.

Selain itu, dengan adanya siklus pendek, sedang dan panjang yang terjadi pada siklus hidrologi air danau dan air sungai yang dapat menjadi perkembangan hewan air yang nantinya dapat menjadi pangan untuk masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

4. Potensi Sumber Daya Tambang

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jumlah hasil tambang yang sangat melimpah. Hasil tambang di Indonesia menjadi tumpuan ekonomi bagi masyarakat dan menjadi hal penting untuk menunjang aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

Sebut saja contohnya potensi minyak bumi yang ada di Indonesia. Saat ini, minyak bumi sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Jumlah minyak bumi pun kian hari kian menipis yang mengakibatkan pemerintah harus mengimpor minyak bumi dari Negara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: 3 Perbedaan AN dan UN, Siswa Sudah Paham?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com