Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2022, 15:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ketika seseorang berjerawat tentu akan mengganggu rasa percaya diri. Tapi ini ada bahan alami untuk mengatasi jerawat.

Jadi, para pelajar atau mahasiswa yang berjerawat bisa mencobanya. Sebab pada dasarnya jerawat bukanlah penyakit berbahaya.

Akan tetapi, jerawat bisa meninggalkan bekas-bekas luka yang seringkali menurunkan rasa percaya diri dan membuat tidak nyaman.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal Kronik dan Cara Mencegahnya, Info Ners Unair

Padahal sebenarnya ada cara yang tidak harus dengan mengeluarkan banyak uang, yaitu dengan menjaga kebersihan wajah.

Tak hanya itu saja, selain dengan menjaga kebersihan wajah, jerawat bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Dilansir dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), berikut bahan alami untuk mengatasi jerawat. Cara ini bisa dilakukan pelajar atau mahasiswa serta masyarakat umum:

Bahan alami untuk mengatasi jerawat

1. Mentimun

Tak hanya dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat, dan memberikan sesansi dingin pada kulit wajah.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Dimana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami.

2. Lidah Buaya

Adapun salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya.

Kandungan polifenol yang terdapat pada lidah buaya berperan sebagai pembasmi jerawat dan dapat menghilang secara menyeluruh apabila digunakan secara teratur.

Untuk cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat di wajah.

3. Bawang Putih

Cara mengatasi jerawat berikutnya yakni dengan bawang putih. Kandungan zat sulfur yang terkandung dalam bawang putih dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Untuk cara menggunakannya sama dengan menggunakan masker. Agar perawatan yang dijalani dapat memperoleh hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan makan makanan sehat.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Pakai Ramuan Alami, Info Ners Unair

4. Es Batu

Bahan alami berikutnya ialah es batu. Ternyata, es batu juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Tentu dengan cara membungkus es dengan kain kemudian menempelkan pada bagian jerawat.

Cara ini dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Tapi, kain yang digunakan juga harus bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com