Kompas.com - 30/07/2022, 08:57 WIB
|

KOMPAS.com - Ketika sedang flu terkadang tenggorokan juga terasa sakit. Bahkan bisa juga semakin memperburuk kondisi bagi penderita.

Karena itu, tenggorokan gatal bisa diatasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal? Apakah bisa pakai ramuan alami?

Ternyata, ada beberapa ramuan alami yang bisa digunakan untuk membantu meringankan tenggorokan gatal tersebut.

Baca juga: Makanan untuk Asam Urat, Info Ners Unair

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair), ini 6 cara mengatasi tenggorokan gatal dengan ramuan alami.

Cara mengatasi tenggorokan gatal

1. Air putih

Saat sakit flu, jangan sampai mengalami dehidrasi yang menjadikan tenggorokan gatal. Pada saat dehidrasi, tenggorokan kekurangan lendir dan air sebagai pelumas yang mengakibatkan tenggorokan terasa gatal dan kering.

Pada saat cuaca dingin atau ketika sedang flu, mungkin kehilangan cairan melalui keringat ketika demam.

Oleh karena itu, minum air putih sebanyak sembilan gelas per hari tidak hanya penting pada saat cuaca panas, melainkan juga pada saat cuaca dingin atau ketika mengalami flu.

2. Madu

Saat sakit tenggorokan, Anda dapat mencoba mengonsumsi madu sebanyak satu sendok makan per hari untuk mengurangi gatal atau iritasi pada tenggorokan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.