Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"NVRO Goes to School", Membangun Ruang Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan

Kompas.com - 01/09/2022, 11:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kirdianto Rizki Saputra, Chief Executive Office of PT. Enviro Visi Nuswantoro (NVRO) mengungkapkan saat ini ruang pembentukan dan apresiasi siswa "baik" belum seluas kepada siswa yang pintar secara akademik maupun berprestasi dalam olah raga.

Hal inilah kemudian yang mendorong PT Enviro Visi Nuswantoro perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan karakter (character building) melalui pengolahan sampah domestic (waste management) terpanggil untuk ikut berkontribusi.

“Kami menggelar program NVRO Goes to School, di mana pada program ini kami focus kepada pembangunan karakter anak-anak disekolah dan mengedukasi pengolahan sampah. Program ini akan dijalankan ke seluruh sekolah yang terpilih di Indonesia,” ujar Kirdi.

Ia menjelaskan, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya ternyata lebih terkait dengan kecerdasan atau kematang­an karakter, bukan kecerdasan akademik.

Kirdi menyampaikan, "orang yang karakternya terdidik tentu menganggap poster untuk tidak membuang sampah sembarangan tersebut lebih dari poster semata."

"Pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini dari lingkungan merupakan salah satu upaya untuk membentuk perilaku sadar sampah," tegasnya.

Tiga pilar penting dalam program "NVRO Goes To School", jelas Kirdi, adalah pendidikan karakter, waste management dan juga digital entreprenuer.

Oleh karenanya, Kirdi menyampaikan program pendidikan karakter yang diusung "NVRO Goes To School" akan sangat berbeda dengan dengan pendidikan karakter yang sudah ada dalam kurikulum sekolah.

Dalam kesempatan sama, Nugi, Chief Operation Officer ENVRO menyampaikan, "kami sengaja memilih sekolah-sekolah sebagai wadah utama dalam pelaksanaan program character building ini."

Baca juga: Lewat KILA 2022, Kemendikbud Ristek: Tanamkan Anak Muda Pendidikan Karakter

"Karena kami percaya anak-anak ini akan menjadi duta yang bisa menjaga lingkungannya sesuai dengan motto kami Let’s Build a Better Place to Live, Let’s Start now," tegasnya.

“Pekan lalu kami menyelenggarakan NVRO Goes To School di SMA 12 Tangerang Selatan. NVRO menyelenggarakan seminar pembentukan character building dan pengolahan sampah. Pengenalan Konsep 3R ( Reduce , Reuse dan Recycling )," tambah Nugi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com