Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Kompas.com - 01/09/2022, 09:34 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University dan Harvard University adalah tiga universitas yang berlokasi di Amerika Serikat dan selalu masuk dalam daftar 10 besar kampus terbaik di dunia.

Bahkan, MIT terus berada di peringkat pertama dunia selama 9 tahun berturut-turut menurut lembaga pemeringkatan universitas terbesar, QS World University Rankings.

Pengajaran berkelas dunia, jaringan alumni yang kuat, termasuk prospek karier yang menjanjikan menjadi sejumlah pertimbangan mengapa banyak pelajar yang memilih kuliah ke luar negeri.

Meski begitu, biaya kuliah masih menjadi satu hal paling menyita perhatian mahasiswa internasional. Biaya kuliah tentu bervariasi di seluruh universitas dan sebagian besar bergantung pada negara yang dipilih untuk melanjutkan kuliah.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Bila kamu sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, terutama di kampus bergengsi dunia yang berlokasi di Amerika Serikat, tak ada salahnya untuk mengintip berapa biaya kuliah yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University dan Harvard University.

Dilansir dari laman Top University, berikut kisaran biaya kuliah untuk siswa internasional di 3 universitas terbaik versi QS World University Rankings tersebut:

Great Dome (kubah gedung) Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge, Massachusetts, dihiasi kain bergambar tameng Captain America untuk merayakan pemutaran Avengers: Endgame.Boston Globe - Raymond Huffman Great Dome (kubah gedung) Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge, Massachusetts, dihiasi kain bergambar tameng Captain America untuk merayakan pemutaran Avengers: Endgame.

1. Biaya kuliah Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil mempertahankan posisinya sebagai universitas nomor satu dunia versi QS World University Rankings selama 9 tahun berturut-turut.

Di AS, MIT menjadi salah satu dari lima universitas yang menawarkan bantuan pendanaan bagi mahasiswa internasional yang diterima dan memiliki keterbatasan biaya.

MIT berkomitmen untuk membantu mahasiswa membayar biaya pendidikan dengan bantuan pendanaan hingga 100 persen. Sebanyak 83 persen mahasiswa telah menerima beberapa jenis bantuan keuangan termasuk beasiswa dan pekerjaan.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

Berikut kisaran biaya kuliah MIT untuk mahasiswa internasional di tahun ajaran 2020/2021:

  • Jenjang S1: USD 55.450 atau sekitar Rp 824 juta
  • Jenjang S2: USD 53.450 atau sekitar Rp 794 juta

Stanford University. (Shutterstock) Stanford University. (Shutterstock)

2. Biaya kuliah Stanford University

Mirip seperti MIT, Stanford menawarkan "need-blind admission" atau tidak melihat sumber pendanaan mahasiswa yang diterima. Namun, kebijakan ini hanya berlaku untuk calon mahasiswa AS.

Artinya, calon mahasiswa internasional harus mendapatkan pendanaan dalam jumlah tertentu, baik bersumber dari keuangan pribadi, beasiswa, pinjaman atau bantuan lainnya.

Meski begitu, ada sejumlah beasiswa internasional yang dapat dilamar bisa membantu kamu memenuhi biaya kuliah dan hidup di AS.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Berikut kisaran biaya kuliah Stanford University untuk mahasiswa internasional di tahun ajaran 2020/2021:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com