Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun atau Renovasi Rumah Biar Irit, Ini Kata Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 31/07/2022, 05:06 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Membangun rumah atau merenovasi rumah saat ini bisa dibilang membutuhkan biaya banyak.

Berbagai cara akan dilakukan untuk berhemat, mulai dari mencari tenaga tukang yang murah hingga memilih material yang bagus dan murah.

Namun tidak semua orang bisa hemat atau justru biayanya ikut membengkak saat membangun atau merenovasi rumah.

Membangun rumah, sifatnya personal dan banyak melibatkan hal-hal yang subyektif dalam mewujudkannya. Sehingga, harus dipilah kembali mana yang penting dan bahan apa saja yang perlu dibeli.

Baca juga: Usia Berapa Anak-anak Boleh Pakai Skincare? Ini Kata Dosen UM Surabaya

Dosen Fakultas Teknik (FT) Prodi Arsitektur UM Surabaya, Vippy Dharmawan membagikan beberapa tips cara berhemat membangun atau merenovasi rumah agar rumah impian bisa terwujud.

1. Buat rencana detil

Tips pertama adalah miliki perencanaan yang matang. Sebelum kegiatan membangun rumah dilakukan seseorang harus menetapkan apa yang akan dibangun atau direnovasi, berapa anggaran yang disediakan, berapa lama pelaksanaan pekerjaannya.

Serta siapa yang akan melaksanakannya. Ini akan mencegah seseorang melakukan pemborosan.

“Gambar bangunan, walaupun dalam wujud gambar sederhana, harus dimiliki. Makin teliti dan lengkap, makin memudahkan pelaksanaan di lapangan,”jelas Vippy dilansir dari laman UM Surabaya.

Baca juga: Tidak Rajin Sarapan Justru Bikin Gemuk, Ini Kata Ahli Gizi UM Surabaya

Menurut Vippy, gambar juga diperlukan untuk menghitung biaya yang akan dihabiskan.

Sehingga langkah-langkah penghematan bisa direncanakan dari awal. Umumnya renovasi ringan atau membangun rumah kecil cukup memerlukan gambar sketsa sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

“Pada banyak kasus menggunakan jasa perencana bangunan atau arsitek sangat direkomendasikan. Tidak seperti dulu di tahun 80an atau 90an tenaga arsitek masih langka dan mahal. Saat ini sangat mudah mendapatkan arsitek yang dapat membantu anda membuatkan desain rumah yang diinginkan,”imbuhnya lagi.

2. Mau belajar dan tahu apa saja material dan konstruksi bangunan

Tips kedua untuk menghemat biaya adalah pengetahuan tentang bangunan. Walaupun seseorang awam di bidang bangunan, tidak ada salahnya seseorang mencari referensi di internet, toko buku, atau toko bangunan tentang segala hal yang terkait dengan bangunan.

“Pengetahuan sederhana tentang material serta konstruksi sangat membantu. Dengan pengetahuan ini seseorang bisa memilih bahan material serta konstruksi yang paling murah namun tepat untuk digunakan saat membangun rumah,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com