Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

Kompas.com - 28/07/2022, 10:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mampu berbahasa Inggris kini menjadi salah satu skill yang wajib dikuasai guna memudahkan kamu berkomunikasi dengan lebih banyak orang, menjaring relasi, memperluas kesempatan karier hingga beasiswa.

Kabar baiknya, teknologi memungkinkan kamu belajar bahasa Inggris secara otodidak, terutama dalam hal penguasaan bahasa percakapan sehari-hari. Salah satunya dengan sering menonton film atau serial berbahasa Inggris.

Pasalnya, kebiasaan mendengar bahasa Inggris, mempelajari kosa kata dan mengucapkan lafal kalimat dalam bahasa Inggris, akan sangat membantu kamu untuk lebih mahir.

Baca juga: TBI: Tips Membuat Konten Media Sosial yang Menarik lewat Teknik Brainstorming

Nonton film berbahasa Inggris

Diah Pratiwi Soehendro selaku Marketing Communication Manager TBI mengatakan, proses pembelajaran bahasa Inggris lewat menonton film bagaikan sambil menyelam minum air.

Dalam satu waktu, lanjut Diah, para peserta bisa mendapatkan lebih dari satu aspek keahlian berbahasa Inggris, seperti mendengarkan, membaca, menulis, bahkan berkomunikasi.

“Masyarakat luas khususnya anak – anak muda akan lebih termotivasi meluangkan waktunya untuk belajar karena mereka dapat melihat serta mendengarkan secara langsung daripada harus terpaku pada apa yang tertuang di dalam buku. Dinamis namun edukatif," ujarnya.

Sejalan dengan itu, Ladiva Vania selaku Guru Bahasa Inggris TBI Pondok Indah mengatakan bahwa dengan menonton film, berlatih bahasa Inggris pun bisa dikategorikan efektif namun dengan sejumlah upaya lainnya.

Baca juga: Sulit Kelola Keuangan, Tantangan Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri

“Melalui film, berlatih bahasa Inggris pun bisa dikategorikan efektif jika kita pro-aktif mencatat dan mencari tahu kosakata baru, menelaah idiom – idiom, latihan pelafalan seperti yang aktor ucapkan dan memilih film yang sesuai level bahasa kita untuk lebih dapat dipahami. Jadi selama menonton film dan menemukan kata - kata asing yang tidak dimengerti, jangan hanya dilewati saja," ungkap Ladiva dalam webinar English Day TBI x Kompas.com bertajuk “Efektifkah Belajar Bahasa Inggris dari Menonton Film?” yang digelar beberapa waktu lalu.

English Day TBI x Kompas.com sendiri merupakan sebuah portal tempat bertemunya generasi muda untuk saling berinteraksi dan tetap produktif di sela kesibukan sehingga waktu, ruang dan jarak tidak lagi menjadi hambatan dalam memperluas ilmu pengetahuan mereka akan bahasa Inggris.

Bergabung di Komunitas Bahasa Inggris secara online seperti ini akan membantu dalam menemukan English partners yang mempunyai tujuan yang sama sehingga bisa sama-sama belajar bahasa Inggris tanpa merasa tidak percaya diri.

Practice makes perfect

Banyak berlatih juga akan membuat kemampuan Bahasa Inggris meningkat. Sempurna berbicara dalam bahasa Inggris akan sulit dicapai tanpa bantuan orang lain sebagai teman bercakap.

Baca juga: Kuliah di Inggris, 48 Persen Mahasiswa Indonesia Pilih Bekerja di Sana

Hal ini dapat diatasi dengan cara ikut kursus bahasa Inggris di mana adanya konsistensi dan disiplin waktu untuk melatih komunikasi dengan bantuan guru profesional bersertifikasi internasional dan teman belajar.

Selama 38 tahun lamanya TBI hadir di tengah masyarakat sebagai menjadi mitra pendamping dalam pembelajaran bahasa Inggris sejak dini.

Materi-materi belajar dan mengajar TBI diberikan telah dirancang dan ditujukan untuk melengkapi proses belajar bagi para pelajar dan pengajar dari segala lapisan umur dan tingkat kemampuan.
“Eksistensi ini diharapkan dapat merangkul seluruh aspek pengembangan diri dalam memenuhi skill set yang dibutuhkan sebagai syarat mutlak memenangkan persaingan di panggung dunia," jelas Diah yang juga berprofesi sebagai Public Relations Manager dalam dunia pendidikan internasional di Indonesia.

Kunjungi: http://www.tbi.co.id/ untuk informasi lebih lanjut mengenai program – program bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com