Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah di Inggris, 48 Persen Mahasiswa Indonesia Pilih Bekerja di Sana

Kompas.com - 26/07/2022, 10:17 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Peluang untuk melanjutkan kuliah di luar negeri kini terbuka lebar. Semakin banyak perguruan tinggi terbaik di luar negeri yang membuka pendaftaran bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia, untuk mendaftar dengan pembiayaan sendiri maupun melalui beasiswa.

Bila kamu berencana untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, sebuah studi baru di tahun 2022 yang dilakukan oleh perusahaan teknologi internasional, Wise mengungkap sejumlah fakta tentang alasan pelajar Indonesia memilih untuk kuliah di luar negeri hingga negara yang paling banyak dipilih.

Survei Wise mendapati, Inggris menduduki peringkat atas atau sebanyak 50 persen yang dipilih mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studinya, diikuti oleh Australia 22 persen, Jepang 17 persen dan Amerika 16 persen.

Baca juga: 5 Program Beasiswa S1-S2 Inggris, Beri Biaya Kuliah hingga 100 Persen

Wise juga menemukan bahwa reputasi akademik yang unggul (76 persen), lingkungan yang ramah (56 persen), dan metode pengajaran yang berkualitas tinggi (49 persen) merupakan tujuan utama mahasiswa Indonesia memilih Inggris untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Tak hanya itu, survei terbaru Wise yang melibatkan 225 anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London ini juga mendapati fakta lainnya.

Didapati, jurusan bisnis (21 persen) menduduki jurusan yang paling populer, diikuti oleh jurusan teknik (15 persen), jurusan ekonomi (12 persen), jurusan hukum (8 persen), dan jurusan akuntansi (8 persen).

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Lalu, sebanyak 3 dari 4 responden (75 persen) merasa bahwa pengalaman mereka selama kuliah di Inggris telah melebihi harapan mereka, sementara 48 persen responden berencana untuk mencari pekerjaan di negara tersebut setelah lulus.

Alasan paling umum yang diberikan responden untuk memilih kuliah di luar negeri adalah untuk meningkatkan kemampuan kerja mereka (82 persen) dan untuk memperdalam pengetahuan mereka pada jurusan yang mereka sukai (75 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com