Kompas.com - 27/07/2022, 15:49 WIB

KOMPAS.com - Di luar perkuliahan, mengelola keuangan pribadi saat memutuskan kuliah di luar negeri ternyata menjadi tantangan yang banyak dihadapi mahasiswa Indonesia.

Hal tersebut dipaparkan dalam sebuah studi baru di tahun 2022 yang dilakukan oleh perusahaan teknologi internasional, Wise yang melibatkan 225 anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London.

Sebelum berangkat ke luar negeri, hanya 24 persen mahasiswa yang khawatir tentang pengelolaan keuangan dengan biaya hidup yang tinggi.

Namun, setelah mereka berada di luar negeri, kekhawatiran tersebut meningkat menjadi 66 persen, yang mencerminkan bahwa mahasiswa tidak memprediksi bagaimana kondisi keuangan saat kuliah di luar negeri.

Baca juga: 7 Beasiswa S1-S3 ke Jepang, Tunjangan hingga Rp 17 Juta Per Bulan

Kondisi ini terjadi karena hampir tidak ada mahasiswa yang mengantisipasi biaya kuliah, termasuk tidak mengantisipasi selisih nilai tukar mata uang sebelum berangkat ke luar negeri.

Padahal, kedua faktor tersebut sangat mempengaruhi kemampuan finansial mereka saat berada di luar negeri.

Dhita Mutiara Nabella, Mahasiswa S2 di University College London dan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di London (PPI London) menjadi salah satu yang mengalami tantangan dalam mengelola keuangan.

"Sebelum mulai kuliah di London, saya tidak menyadari bahwa mengelola keuangan di luar negeri menjadi salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan mahasiswa internasional," papar Dhita dalam keterangan tertulis Wise, beberapa waktu lalu.

"Apalagi dengan adanya perbedaan nilai tukar mata uang yang besar antara Rupiah dan Poundsterling, maka 1 Poundsterling sangat berharga bagi kami," imbuh Dhita.

Baca juga: Kuliah di Inggris, 48 Persen Mahasiswa Indonesia Pilih Bekerja di Sana

Selain itu, survei juga mendapati, mayoritas mahasiswa internasional memiliki kesulitan dalam mengelola keuangan pribadi, salah satunya ketika transfer uang ke luar negeri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.