Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ramos Horta: Unika Atma Jaya Memberi Dampak Positif bagi Timor Leste

Kompas.com - 21/07/2022, 21:31 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Timor Leste, José Ramos Horta melakukan kunjungan resmi dan memberikan kuliah umum di Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya, Kampus I Semanggi, Jakarta pada 21 Juli 2022.

Di hadapan 250 dosen dan mahasiswa, presidential lecture dari Ramos Horta mengangkat tajuk "From Global and Regional Politics, Into Innovative Approaches Solutions", yang menekankan komunikasi politik global dan regional sebagai jembatan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Pentingnya komunikasi politik memberi dampak positif bagi kedekatan Timor Leste dan Unika Atma Jaya dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan pemberian beasiswa bagi pemuda-pemudi Timor Leste untuk berkuliah di Unika Atma Jaya.

“Unika Atma Jaya telah memberikan kesempatan bagi orang muda Timor Leste untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan beasiswa sampai lulus," ungkap Ramos Horta.

"Hubungan yang baik antara kami memberikan banyak dampak positif bagi kemajuan pendidikan Timor Leste sebagai inisiatif mempererat hubungan masyarakat Timor Leste dengan Indonesia,“ lanjut Presiden Timor Leste.

José Ramos Horta menjelaskan kerja sama kedua belah pihak dalam bidang pendidikan adalah salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi politik praktis antara Timor Leste dan Indonesia.

Pendidikan dinilainya menjadi sangat penting dalam memecahkan berbagai permasalahan politik global maupun regional sehingga berbagai cara dilakukan dalam menciptakan manusia unggul dan profesional.

Dalam kesempatan sama, Rektor Unika Atma Jaya, Agustinus Prasetyantoko mengatakan kerja sama yang baik dengan Timor Leste adalah wujud komitmen Unika Atma Jaya memperluas jejaring di tingkat regional dan global untuk memajukan performa pendidikan lebih baik.

Baca juga: Disambut Gus Yahya, Presiden Timor Leste Ramos Horta Tiba di Kantor PBNU

“Unika Atma Jaya sendiri memiliki hubungan yang sangat kuat dengan Timor Leste. Sudah banyak pemuda-pemuda hebat Timor Leste yang menjadi mahasiswa kita di masa lalu. Saat ini terdapat tiga mahasiswa aktif dari Timor Leste yang belajar di universitas kami,“ ujar Prasetyantoko.

Dikutip dari rilis resmi (21/7/2022), Unika Atma Jaya secara resmi telah meluncurkan inisiatif pertama beasiswa siswa internasional dengan memberikan 50 beasiswa gratis untuk siswa-siswi Timor Leste.

Beasiswa bagi calon mahasiswa tersebut merupakan upaya kampus untuk memberikan akses pemerataan pendidikan bagi generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna menguasai dunia keilmuan bagi kemajuan peradaban bangsa.

Tercatat, Unika Atma Jaya memberikan beasiswa 100 persen gratis biaya kuliah kepada sejumlah 248 siswa terpilih tahun 2021, dan berkomitmen untuk tambahan 20 persen dari jumlah tersebut yang didedikasikan untuk siswa Timor Leste.

Hal ini dilakukan agar hubungan baik sebagai mitra strategis dan rekan dekat yang sudah berlangsung lama dengan Unika Atma Jaya dapat terus terjain dengan baik.

Kedekatan dengan Unika Atma Jaya ini membawa Presiden Timor Leste, José Ramos Horta datang mengunjungi salah satu kampus swasta di Indonesia ini.

Baca juga: Temui Jokowi, Ramos-Horta Berharap Timor Leste Jadi Anggota ASEAN Tahun 2023

 

Kedatangan Presiden Timor Leste membahas sejumlah kerja sama di antaranya: penjajakan pertukaran pelajar, kuliah kerja nyata (KKN) dan magang, hingga kesempatan dosen mengajar satu sampai dua mata kuliah di Timor Leste atau flying lecture.

Secara khusus, José Ramos Horta menyampaikan apresiasinya atas beasiswa yang sudah diberikan kepada 43 siswa-siswi Timor Leste di tahun 2022.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com