Kompas.com - 21/07/2022, 17:45 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Kerajaan Belanda Robbert Dijkgraaf mengunjungi Indonesia pada 20-23 Juli 2022.

Menteri Dijkgraaf didampingi delegasi yang terdiri dari para rektor dan ketua perguruan tinggi, dan ilmu pengetahuan Belanda.

Baca juga: Kisah Perjuangan Anak Petani Raih Kuliah Gratis di UGM

Tujuan dari kunjungannya ke Indonesia adalah memperkuat kerja sama bilateral di bidang pendidikan, penelitian, dan ilmu pengetahuan.

Lalu membuka peluang baru untuk kerjasama di tingkat pemerintah dan antar lembaga pengetahuan.

Salah satu agenda Menteri Dijkgraaf di Jakarta adalah bertemu dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Menurut Menteri Dijkgraaf, Indonesia telah lama menjadi mitra strategis terkemuka bagi Belanda dalam kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan ilmu pengetahuan.

"Kebijakan yang jelas dari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperluas penelitian, meningkatkan pendidikan, dan mengembangkan pengetahuan kritis di Indonesia," tutur Menteri Dijkgraaf di Erasmus Huis Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dia menyebut, pendidikan dan penelitian adalah fondasi bagi masa depan setiap orang.

Jadi, dirinya ingin membuatnya lebih terjangkau bagi orang untuk belajar dan banyak berinvestasi dalam sains ke Belanda, terlebih mahasiswa dari Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud Pastikan Kurikulum Merdeka Berjalan Sesuai Rencana

"Juga, kami sedang mengerjakan masa depan, di mana setiap orang bebas untuk mengembangkan potensi penuh mereka dan menjadi seperti yang mereka inginkan," ungkap dia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.