Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Aktif di Masyarakat, LPPM UNJ Resmikan Wilayah Binaan Jatinegara Kaum

Kompas.com - 21/07/2022, 19:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNJ meresmikan wilayah binaan Kelurahan Kelurahan Jatinegara Kaum, pada Kamis, 21 Juli 2022 di Masjid Jami Assalafiyah, Jakarta Timur. 

Dalam acara yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Walikota Jakarta Timur M. Anwar, Rektor UNJ Prof. Komarudin menegaskan wilayah binaan yang dimiliki UNJ merupakan wujud komitmen UNJ untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

Rektor UNJ juga menyampaikan, dalam jangka panjang UNJ telah menetapkan komitmen untuk menjadi “World Class University”.

Prof. Komarudin menambahkan, hal ini merupakan target dan tantangan yang tidak mudah serta perlu perjuangan seluruh sivitas akademika UNJ.

"Melalui visi 'Menjadi Perguruan Tinggi Bereputasi di Kawasan Asia', membuat UNJ memiliki peran yang strategis dalam kepentingan pembangunan nasional sehingga dalam jangka panjang siap bereputasi di kawasan Asia," jelas Rektor UNJ.

Dalam kesempatan sama, Prof. Ucu Cahyana, Ketua LPPM UNJ menjelaskan, program pengabdian masyarakat UNJ yang dijalankan LPPM UNJ di Kelurahan Jatinegara Kaum untuk tahun 2022, terdiri atas 25 tim.

Tim tersebut berfokus pada beberapa bidang program, yaitu: Pendidikan, Ekonomi Kreatif, Lingkungan, Olahraga Kesehatan, dan Sains Teknologi.

"Kelima fokus ini akan dilaksanakan di wilayah binaan UNJ, yaitu salah satunya Kelurahan Jatinegara Kaum," jelas Prof. Ucu Cahyana.

Prof. Ucu Cahyana menambahkan, wilayah binaan merupakan suatu program pembangunan masyarakat dengan target lokasi sebuah wilayah yang memenuhi kriteria untuk menjadi sebuah wilayah binaan.

"Program wilayah binaan ini diyakini akan memberikan dampak positif, yaitu membina sumber daya manusia di masyarakat dengan pendekatan learning by doing dan learning by experimentation," ungkap Prof. Ucu Cahyana.

Baca juga: UT Perkuat Literasi Digital Guru Tangsel lewat Pengabdian Masyarakat

Sebagai informasi, per tahun 2022, dalam waktu tiga tahun terakhir, UNJ telah memiliki sebanyak 13.235 produk yang memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (Hak Cipta).

Prestasi ini membuktikan bahwa UNJ telah beradaptasi dengan cepat sehingga dapat berkontribusi secara maksimal dalam menyelesaikan permasalahan nyata di masyarakat.

Untuk itu, UNJ merasa perlu untuk menetapkan wilayah binaan sebagai lokasi tujuan para dosen dalam berkontribusi untuk mengatasi masalah dan berperan aktif di masyarakat.

Terkait hal tersebut, UNJ menetapkan Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur sebagai wilayah binaan UNJ.

"Melalui peresmian wilayah binaan, UNJ mengajak semua pihak untuk merapatkan barisan, mengokohkan niat, dan bergandeng tangan agar dapat terjalin kerja sama yang solid antara masyarakat dan perguruan tinggi sehingga tercipta kesejahteraan dan keharmonisan bersama," pungkasnya.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya menjelaskan, pengabdian masyarakat di Kelurahan Jatinegara Kaum yang dilakukan UNJ dapat dijadikan sebagai pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Ia berharap pemilihan program dan pemilihan wilayah binaan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.

"Hendaknya, pengabdian masyarakat yang dilakukan bukanlah menerapkan ilmu pengetahuan tetapi untuk menyelesaikan masalah di masyarakat dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki," tambah Anies Baswedan.

Baca juga: Ilustrasi untuk Mas Menteri, MBKM Pengabdian Masyarakat Berbasis Aplikasi Biofertilizer di Wisata Klayar Gunungkidul

Anies Baswedan juga menyampaikan, kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen UNJ di Jakarta dapat menjadi kumpulan bahan kajian pengembangan ilmu pengetahuan dalam merancang dan mengembangkan sosiologi kota yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com