Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unika Atma Jaya Siap Membuka Perkuliahan di Metaverse

Kompas.com - 21/03/2022, 20:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya berencana membuka mata kuliah di metaverse yang akan diluncurkan akhir tahun ini pada ajang Presidensi G20.

Metaverse sendiri merupakan konsep semesta virtual kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata dengan dunia digital tanpa batas.

Metaverse memiliki potensi besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar dan menjalani aktivitas lain dalam kehidupan sebagaimana di dunia nyata.

Pemanfaatan teknologi metaverse akan memberikan pengalaman sekaligus sarana bagi mahasiswa berinteraksi dengan teman dan dosennya sehingga pembelajaran daring optimal dan tidak berbeda dengan pembelajaran langsung.

Rektor Unika Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko menyampaikan (21/3/2022), perkembangan teknologi memberi peluang bagi peningkatan akses di berbagai bidang, seperti pendidikan, interaksi sosial maupun kegiatan ekonomi.

Inovasi dan teknologi memberi peluang peningkatan produktivitas yang bersifat inklusif.

“Dunia pendidikan tinggi harus menjadi bagian terdepan dalam menyongsong masyarakat dan peradapan pasca-pandemi, yang salah satu realitasnya ditandai dengan kehadiran metaverse," tegas Prasetyantoko.

"Unika Atma Jaya telah menyatakan diri sebagai kampus berwawasan yang berkelanjutan, dengan cara menyiapkan generasi transformatif yang mampu menghadapi perubahan di masa depan," tambahnya.

Kolaborasi dengan WIR Asia

Guna mewujudkan hal ini, Unika Atma Jaya menggandeng PT WIR Asia, perusahaan yang fokus pada teknologi Metaverse seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality, dan Artificial Intelligence.

Baca juga: Sambut Era Metaverse, Ini yang Harus Disiapkan

Perkuliahan Unika Atma Jaya di metaverse ini nantinya akan menjadi bagian dari ekosistem Metaverse Indonesia.

Kesepakatan kerja sama berlangsung di Kampus Semanggi, Jakarta Senin (21/3/2022) yang dilakukan langsung oleh Rektor Unika Atma Jaya dan CEO dan Founder dari WIR Group, Michael Budi.

“Kolaborasi ini juga sebagai bagian dari rangkaian peringatan Dies Natalis ke-62 Unika Atma Jaya yang menegaskan peranannya sebagai bagian dari komponen pembangunan bangsa, sebagaimana semangat awal pendiriannya,” jelas Prasetyantoko.

Dalam kesempatan sama, Michael Budi, Chief Executive Officer WIR Group, mengatakan, pembangunan ekosistem metaverse seperti Metaverse Indonesia yang berskala masif membutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk sektor pendidikan.

Keseriusan Unika Atma Jaya dalam membangun sistem belajar-mengajar secara virtual di Metaverse Indonesia bisa menjadi awal dari era baru untuk sektor pendidikan masa depan Indonesia.

“WIR Group akan terus mengembangkan ekosistem yang menunjang Metaverse Indonesia melalui kolaborasi dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya guna membangun partisipasi masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa dalam hal teknologi metaverse," ujar Michael.

Baca juga: Gen Z dan Metaverse Jadi Fokus Strategi Pariwisata Menuju Ekonomi Baru

"Kolaborasi ini juga memungkinkan kontribusi mahasiswa untuk turut andil dalam sejarah perkembangan metaverse di Indonesia,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com