Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Ferdi, Gapai Harapan Lanjutkan Kuliah Gratis dengan KIP Kuliah

Kompas.com - 15/07/2022, 09:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Berlatar belakang sebagai anak yatim dengan kondisi ekonomi keluarga kurang mampu, Ferdiansyah Adrianto sempat merasa bahwa cita-citanya untuk melanjutkan kuliah di universitas ternama sulit diraih.

Namun, putra kelahiran Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini tak hanya pasrah. Berbekal dengan pengetahuannya tentang KIP Kuliah, ia mulai membangun asa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), Ferdi mulai mencari informasi tentang KIP Kuliah melalui internet dan mulai mengumpulkan syarat-syaratnya.

Baca juga: Daftar Kampus Swasta? Ini Cara Dapat KIP Kuliah PTS untuk Kuliah Gratis

Siswa berprestasi SMA Negeri 1 Sumbawa Besar ini pun optimis mendapatkan KIP Kuliah dengan bekal prestasi dari lomba-lomba yang diikuti selama ini.

“Salah satu persyaratannya adalah melampirkan beberapa prestasi selama di SMA, dan kebetulan saya juga memiliki beberapa prestasi seperti juara dua tingkat regional lomba vlog,” ujar Ferdi dilansir dari laman Kemendikbud Ristek, Jumat (15//2022).

Ferdi tidak berusaha sendirian, guru dan pihak sekolah di tempat Ferdi mengemban ilmu juga terus membantu mewujudkan impian Ferdi bisa berkuliah tanpa biaya.

Dengan perjuangannya mengumpulkan berkas-berkas persyaratan dan mengikuti prosedur lainnya, akhirnya Ferdi berhasil mendapatkan beasiswa afirmasi KIP Kuliah di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah.

“Dengan adanya KIP kuliah, saya merasa sangat terbantu dan bermanfaat sekali dalam hal pembiayaan kuliah maupun biaya hidup sebagai anak rantau,” jelas Ferdi.

Ferdi bercerita kalau ia amat berterima kasih kepada guru, pihak sekolah, dan pemerintah atas bantuan yang telah diterimanya, sehingga ia bisa melanjutkan pendidikan tinggi.

Baca juga: Unair Masih Buka Jalur Mandiri S1 Reguler, Cek Prodi dan Biaya Kuliah

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kemendikbud Ristek atas beasiswa ini, semoga nantinya akan lebih banyak lagi teman-teman yang tidak mampu seperti saya bisa berkesempatan mendapatkan KIP Kuliah,” harap Ferdi.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diperolehnya, mahasiswa jurusan Psikologi ini terus belajar agar ia bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang baik dan mewujudkan impiannya untuk bekerja pada divisi yang mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan ternama.

Ferdi juga mengajak adik-adik yang ingin mendapatkan KIP Kuliah agar mempersiapkan diri dari sekarang.

“Adik-adik bisa menggali informasi KIP Kuliah melalui internet atau orang sekitar yang kompeten dan berpengalaman. Jangan malu bertanya kepada mereka,” kata Ferdi.

Cerita serupa juga disampaikan Daniella Stefany, mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

Berawal dari informasi yang diberikan guru di sekolahnya, Nella bisa mendapatkan KIP Kuliah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com