Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Hesti, Putri Buruh Jahit Lulus Cumlaude IPK 3,87 dari UNY

Kompas.com - 28/06/2022, 17:22 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Agus Siswanto dan Mimin Jeminten merasa begitu terharu. Perjuangan mereka memberikan pendidikan kepada putri bungsunya berbuah manis.

Sang putri, Hesti Wulandari telah diwisuda secara daring dari rumah kontrakan mereka di dusun Kemantren II, Semawung, Bagelen, Purworejo.

Hesti yang merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)berhasil lulus dengan IPK 3,87 berpredikat cumlaude.

Lulus SBMPTN berkat doa Ibu

Agus bercerita, anak bungsunya sejak masih duduk di bangku SMK sudah dipersiapkan untuk studi lanjut dengan diikutsertakan les mata pelajaran.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

“Awalnya anak saya ingin masuk ke STAN bagian pajak seperti kesukaannya, namun karena bukan rezekinya maka tidak diterima,” kata Agus, Minggu (26/6/2022), dalam rilis UNY.

Atas saran dari sang ibu, Hesti mendaftar lewat jalur SBMPTN di UNY dan diterima. Pada awalnya tentu biaya kuliah menjadi kerisauan Agus dan Mimin.

Namun, dengan adanya beasiswa bidikmisi yang sekarang dinamai KIP Kuliah bagi siswa yang pandai namun dari keluarga kurang mampu, keluarga ini merasa tertolong.

Hesti mengatakan bahwa informasi bidikmisi didapatkan dari para gurunya. Ia mencari sendiri informasi tentang beasiswa ini karena mayoritas alumni sekolahnya memilih bekerja dan jarang yang menempuh studi lanjut.

Hesti mengurus sendiri surat-surat yang diperlukan hingga memperoleh akses beasiswa bidikmisi.

Baca juga: Kisah Fawwaz, Siswa Madrasah yang Lolos di 5 Kampus Terbaik Dunia

Gadis kelahiran 26 Januari 2002 tersebut memilih pendidikan akuntansi UNY sebagai pilihan pertama kemudian Universitas Negeri Semarang dan Universitas Tidar Magelang.

Menurut Mimin, dia memilihkan putri bungsunya di pendidikan akuntansi karena Hesti menyerahkan pada ibunya untuk memilihkan jurusan dalam SBMPTN.

“Dalam bayangan saya pendidikan akuntansi akan menjadi guru di SMK di mana mengajarkannya relatif lebih mudah karena siswanya sudah dewasa. Berbeda dengan mengajar sekolah di bawahnya seperti SMP atau SD,” ungkap Mimin.

Doa seorang ibu yang mujarab, Hesti diterima pada pilihan pertamanya di SBMPTN.

Kiat Hesty raih predikat cumlaude

Selama kuliah di UNY Hesti Wulandari aktif dalam beberapa unit kegiatan mahasiswa di antaranya UKM Rekayasa Teknologi, UKM panahan dan UKM Al Fatih Fakultas Ekonomi.

“Indeks prestasi saya tertinggi pernah mencapai 4,00 saat semester 7,” katanya.

Baca juga: Kemendikbud: KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS, Kuliah Gratis sampai Lulus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com