Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Self Awareness untuk Optimalkan Potensi Masa Depan

Kompas.com - 09/06/2022, 10:45 WIB
Growth Center,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

Kompas.com - Self awareness (kesadaran diri) kini kian digaungkan banyak pihak, khususnya di kalangan anak muda.

Tak ayal, self awareness merupakan elemen utama yang mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan untuk masa depannya seperti pendidikan, karier, dan lain sebagainya yang diharapkan dapat berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Bahkan, self awareness menjadi salah satu sikap leadership yang ditanamkan kepada mahasiswa di IPMI International Business School (IPMI IBS), di mana sikap ini sekaligus menjadi visi dan misi pengajarannya.

Self awareness tidak muncul begitu saja dalam diri seseorang, melainkan harus digali dan ditemukan oleh pribadi dengan rajin mengikuti kelas pengembangan diri atau kegiatan-kegiatan yang mendukung potensi.

Secara berkesinambungan, self awareness akan mewujudkan sense of purpose (tujuan) dan juga sense of achievement (kepuasan), sehingga pribadi tersebut dapat membuat keputusan atau pilihan yang terbaik bagi dirinya.

Sama halnya seperti membuat pilihan, career growth (perkembangan karir) mengharuskan seseorang untuk sadar betul akan potensi dirinya.

IPMI IBS menanamkan Leadership dengan membuatnya menjadi mata kuliah selama satu semester, pembelajaran kuliah berdasarkan case study (studi kasus), pengerjaan tugas atau proyek entrepreneurial (kewirausahaan), penelitian, kegiatan kemahasiswaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, IPMI IBS juga menggelar banyak acara yang didedikasikan untuk mengembangkan karakter dan juga karir profesional muda seperti Class Enrichment Session, Young Business Leaders yang diselenggarakan ikatan alumni IPMI IBS, BBA IPMInar bertajuk “Choose Your Future Career: Managing Money or Managing People”, serta event dan workshop lainnya.

Kemudian, bersama dengan The Duke of Edinburgh International Award (DoE Award), yayasan yang bergerak dalam pengembangan sikap leadership anak muda berusia 14-24 tahun, IPMI IBS mengharapkan lulusannya menjadi lebih siap untuk memasuki dunia kerja serta lebih cepat menyadari dan menentukan ke mana arah karir mereka di masa depan.

Baca juga: Self Awareness Jadi Kunci Sukses di Masa Depan

Dengan bekal yang diberikan, alumni DoE Award banyak yang menjadi Leader di bidang pekerjaannya, termasuk orang Indonesia yang di antaranya menjadi Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan juga Direktur dari beberapa British Chamber of Commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com