Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Growth Mindset sebagai Bekal Karir Masa Depan

Kompas.com - 08/06/2022, 07:57 WIB
Growth Center,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

Kompas.com - Tidak ada kata terlalu cepat atau lambat untuk memikirkan karir di masa depan. Pasalnya, teknologi yang terus berkembang juga memunculkan ladang pekerjaan baru yang pastinya membutuhkan orang-orang yang berpikiran kreatif dan terbuka.

Pusat Karir Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta menggandeng Kognisi.id by Kompas Gramedia dalam penyelenggaraan Pesantren Kilat Karir (Sankar) bagi mahasiswa tingkat awal di UIN Jakarta pada 23 April 2022 lalu.

Program ini bertujuan menyampaikan seberapa penting growth mindset diperlukan dalam menjalani pendidikan dan pekerjaan dengan meningkatkan self development 

Acara yang bertajuk “Ramadhan Goals: Kick-off Your Self Discovery Journey” ini menghadirkan Visual Creative Lead dan UI/ UX Lead Kompas, Gramedia Elvira Tantri, yang menyampaikan materi dengan topik “Facing Disruptive Era: Prepare to Build Your Growth Inventory”.

Penting bagi mahasiswa untuk memiliki growth mindset di zaman yang selalu berkembang. Dengan memahami pola pikir, seseorang juga akan semakin mengenali dirinya dan bisa mengambil keputusan yang tepat bagi perjalanan karir dan masa depannya.

“Di era digital yang semakin berkembang pesat, Kognisi.id berkomitmen untuk terus hadir dan mendukung generasi muda Indonesia dalam menggali potensi dan menjadi versi terbaik diri masing-masing," ujar Co-Founder & Chief Operating Officer (COO) Growth Center at Kompas Gramedia, Andrea Lusi Anari.

"Kami percaya kolaborasi bersama Pusat Karir Universitas Islam Negeri ini menjadi salah satu langkah awal untuk mendorong lebih banyak anak muda Indonesia dalam berkembang dan membawa dampak positif ke sekitar mereka,” tambah Andrea Lusi Anari.

Baca juga: Growth Mindset dan Hubungannya dalam Mengembangkan Karier

Kognisi.id memberikan tes sederhana yang bisa membantu mahasiswa untuk mengenali apakah mereka termasuk pribadi dengan growth mindset atau fixed mindset.

Seseorang dengan growth mindset memiliki kepercayaan bahwa kemampuannya dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras, sehingga potensi dan kemampuannya bisa tumbuh dengan pesat serta menjadi yang terbaik karena mampu mencapai tujuannya.

Sedangkan seseorang dengan fixed mindset percaya bahwa kualitas seperti kecerdasan dan bakat tidak dapat diubah.

Setelah mengikuti acara kolaborasi Pusat Karir UIN Jakarta dan Kognisi.id dalam Sankar ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami apa itu growth mindset dan menggali potensi dalam dirinya dengan meningkatkan soft skill sehingga dapat menjalani karir yang diinginkannya di masa depan dalam era yang terus berkembang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com