Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UMY Inovasi Limbah Kulit Bawang Jadi Sabun Herbal

Kompas.com - 03/01/2022, 21:08 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Program D3 Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat inovasi. Yakni menciptakan sabun yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit.

Sabun herbal karya Tim Pekan Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) UMY ini terbuat dari kulit bawang merah yang telah teruji secara klinis.

Menurut Desi Susilawati, SE., M.Sc.,CTA., selaku dosen pembimbing PKM-K, pembuatan produk sabun ini merupakan sebagai upaya pemanfaatan limbah menjadi suatu produk yang memiliki daya jual.

Baca juga: Mahasiswi ITB Inovasi Kosmetik Berbahan Herbal

"Tim kami menciptakan sebuah produk dengan mengubah limbah rumah tangga menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual," ujar Desi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/12/2021).

Selain bahan baku, kemasan produk sabun ini juga menggunakan kertas yang telah di daur ulang dan mudah terurai oleh tanah.

Ia juga mengklaim bahwa sabun ini memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi permasalahan kulit.

Selain memiliki daya jual yang tinggi, sabun yang telah teruji secara klinis ini memiliki daya hambat bakteri yang sangat besar karena kulit bawang merah memiliki kandungan pektin, flavonoid, antioksidan, anti inflamasi, vitamin B, C, E, dan sulfur.

Adapun manfaat produk ini diantaranya:

1. membantu merawat kulit

2. mengurangi minyak berlebihan pada kulit

3. menghilangkan noda hitam di kulit

4. membantu mengatasi jerawat di punggung

5. mengatasi gatal-gatal ringan

6. mampu menghidrasi kulit

Ke depannya dia berharap produk sabun karya mahasiswa UMY ini bisa mendapatkan sertifikat BPOM hingga membangun mitra.

"Kami berencana untuk pengembangan produk dengan menciptakan varian baru yaitu varian jeruk dengan ukuran yang bervariasi," terangnya.

"Lalu kami menargetkan ke depannya produk ini memiliki sertifikat halal dan BPOM serta bermitra dengan toko-toko kecantikan dan membangun outlet sendiri dan legalitas usaha," harapnya.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa ITS Inovasi Penjernih Limbah Kain Tenun

Tak hanya itu, sabun Güzel Herbal Soap ini juga berhasil menyabet juara Favorit PKM-K Pekan Ilmiah Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (Pimtanas) 2021 serta juara 2 Lomba Monev PKM PTM-A se-Indonesia pada, Selasa (27/12/2021).

Ia juga berharap dengan raihan prestasi ini bisa menjadi memotivasi Prodi D3 Akuntansi UMY untuk terus melanjutkan prestasi di PKM juga berinovasi menciptakan produk baru yang memiliki banyak manfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com