Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Bakat Seni? Intip SMA dan Kampus yang Punya Jurusan Kesenian

Kompas.com - 10/12/2021, 09:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu menyukai dan ingin mengembangkan bakat bidang seni? Ada banyak sekolah dan kampus yang menyediakan jurusan seni

Kalau kamu memilih melanjutkan sekolah di SMA, pelajaran kesenian yang diperoleh cenderung bertujuan untuk mengembangkan apresiasi seni, kreativitas, dan bakat.

Sementara, jika memilih belajar di Jurusan Kesenian di SMK, kamu akan dibimbing untuk lebih dalam mengasah minat dan keseriusan yang lebih besar daripada sekadar apresiasi seni.

Namun secara umum, baik di SMA maupun di SMK, pelajaran tentang kesenian dapat dipisahkan. Misalnya seni drama, seni tari, seni musik, dan seni rupa yang mencakup arsitektur, patung, dan lukis.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Ada beberapa SMA/SMK seni di Indonesia yang terbilang cukup populer. Sebagai referensi, dilansir dari laman Akupintar berikut ini beberapa di antaranya.

8 SMA/SMK yang miliki jurusan seni

1. SMKN 14 Bandung

Sekolah seni di Bandung ini membuka Jurusan Kriya Kreatif Keramik, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, serta Jurusan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, Multimedia, Animasi, dan Desain Komunikasi Visual.

2. SMKN 58 Jakarta

Jurusan kesenian di sekolah ini yaitu Seni Lukis, Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, serta Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, Desain Permodelan Informasi Bangunan, dan Desain Komunikasi Visual.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 dengan Uang Saku Terbesar, Salah Satunya dari Indonesia

3. SMKN 3 Sukawati

Sekolah seni Bali ini hanya membuka empat jurusan kesenian, yaitu Seni Tari, Seni Musik Populer, Seni Karawitan, dan Seni Pedalangan.

4. Program SMA Erudio Indonesia

Sekolah seni di Indonesia tak terbatas di SMK saja, Sobat Pintar. Erudio Indonesia membuka program SMA yang memadukan seni dan sains. Di sini kamu tak hanya belajar tentang teknik di bidang seni yang menarik minatmu, tapi juga belajar membangun konsep karyamu sendiri.

5. SMKN 1 Kasihan

Sekolah seni di Yogyakarta ini membuka empat jurusan kesenian, yaitu Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Pedalangan, dan Seni Teater.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com