Kompas.com - 09/12/2021, 09:52 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Bagi kamu calon mahasiswa, melanjutkan pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri melalui beasiswa kini terbuka lebar.

Tak sedikit beasiswa yang menawarkan potongan hingga pembebasan biaya kuliah. Bahkan, ada sejumlah beasiswa yang menawarkan pendanaan penuh yang mencakup biaya transportasi, akomodasi dan uang saku.

Dari sekian banyak beasiswa, ada sejumlah beasiswa yang menjadi favorit pelajar Indonesia. Tak hanya karena memberikan biaya kuliah penuh dan membuka pendaftaran setiap tahun, namun juga menawarkan kesempatan untuk kuliah di kampus terbaik dunia dan memberikan uang saku besar.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Berikut lima beasiswa yang memberikan pendanaan penuh dan uang saku terbesar, merangkum laman lembaga bimbingan beasiswa Schoters:

1. Beasiswa MEXT, Jepang

Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan dinas.

  • Jenjang: S1, S2, S3
  • Uang saku: Rp 170-215 juta per tahun
  • Cakupan lain: biaya pendidikan, tiket pesawat, sekolah bahasa, bebas visa dan lainnya

2. Beasiswa GKS, Korea Selatan

Global Korea Scholarship (GKS) adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea untuk pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2, dan S3 di Korea Selatan.

  • Jenjang: S1, S2, S3
  • Uang saku: Rp 130-144 juta per tahun
  • Cakupan lain: biaya pendidikan, asuransi, sekolah bahasa, dan lainnya

Baca juga: Kuliah Gratis dan Jadi ASN, Ini 13 Prodi IPDN dan Syarat

3. Beasiswa Erasmus, Uni Eropa

Pernahkah kamu membayangkan, melanjutkan studi S2 gratis ke Eropa dan kuliah tahun pertama di Aarhus University, Denmark, lalu tahun kedua di University of Hamburg, Jerman? Kuliah di 2 universitas di 2 negara anggota Uni Eropa bukan sekadar impian bila kamu lolos dalam program beasiswa Erasmus+ (Erasmus Plus).

  • Jenjang: S2
  • Uang saku: Rp 384-947 juta per tahun
  • Cakupan lain: biaya pendidikan, bisa kuliah di 3 kampus Eropa, akomodasi dan tunjangan lengkap

4. Beasiswa LPDP, Indonesia

Adapun Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi.

  • Jenjang: S1, S2, S3
  • Uang saku: Rp 118-320 juta per tahun
  • Cakupan lain: biaya pendidikan, asuransi, transportasi, tunjangan keluarga (S3) dan lainnya

Baca juga: Lulusan Jadi CPNS, Ini 9 Prodi PKN STAN dan Syarat Nilai

5. Beasiswa AAS, Amerika Serikat

Australia Awards Scholarships (AAS) merupakan beasiswa Internasional yang didanai oleh Pemerintah Australia. Beasiswa AAS adalah kesempatan bagi para calon pemimpin untuk melakukan studi, penelitian, dan pengembangan profesi di Australia.

  • Jenjang: S2, S3
  • Uang saku: Rp 120-150 juta per tahun
  • Cakupan lain: biaya pendidikan, tiket pesawat, biaya visa, tunjangan kedatangan dan lainnya
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.