Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, UNJ Beri Penghargaan untuk Mahasiswa "Patriot Olah Raga" PON XX

Kompas.com - 10/11/2021, 22:13 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, UNJ memberikan penghargaan kepada mahasiswa dan dosen peraih medali PON XX Papua 2021 sekaligus melepas tim KMHE dan KMI EXPO.

Acara ini merupakan bentuk penghargaan bagi para mahasiswa dan dosen yang dinilai sebagai patriot olahraga UNJ yang sudah berjuang pada PON Papua XX 2021 lalu.

Seremoni penghargaan diselenggarakan secara luring di Kampus A UNJ, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sedangkan secara daring disiarkan melalui kanal YouTube Kemahasiswaan UNJ.

Johansyah Lubis, Dekan Fakultas Ilmu Keolahrahaan Universitas Negeri Jakarta (FIK UNJ) dalam sambutan menyampaikan UNJ telah berupaya memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pengembangan olahraga di Indonesia.

"Salah satu keberhasilan dan prestasi UNJ dalam memajukan dunia olahraga nasional, yaitu dengan mendidik dan menyiapkan para mahasiswa UNJ yang kemudian menjadi atlet perwakilan daerahnya di ajang PON Papua XX 2021 lalu," ungkap Johansyah Lubis.

"Tidak sedikit para mahasiswa dan dosen UNJ yang meraih juara pada PON Papua XX 2021," tambahnya.

Raihan medali terbanyak perguruan tinggi

Sebanyak 89 orang mahasiswa UNJ dari 4 fakultas di antaranya FBS, FE, FPPsi, FIK, meraih prestasi dengan rincian 40 orang meraih medali emas, 22 perak, dan 27 perunggu. 

"Dan ada pemecahan rekor atas nama Diva Renata Jayadi. Dan sebanyak kurang lebih 8 dosen yang berhasil menjadi pelatih dan official tim berprestasi," jelas Johansyah Lubis.

Baca juga: Hari Pahlawan, KSN 2021 Ajak Siswa Jadi Pahlawan Sains Zaman Now

Johansyah Lubis menambahkan, para peraih medali tersebut berasal dari 12 provinsi di Indonesia yaitu, DKI Jakarta, Bali, bangka Belitung, Banten, Jambi, Jawa Barat, Jawa tengah, Kalimantan Selatan, Papua, Riau, Sulawesi Barat dan Sulawesi selatan.

"Penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada para dosen berprestasi baik sebagai pelatih maupun official tim," tutup Johansyah Lubis.

Abdul Sukur, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan kepada para mahasiswa dan dosen yang telah berhasil meraih medali pada PON Papua XX 2021 sebagai apresiasi kepada patriot olahraga yang berhasil mengharumkan almamater.

Abdul Sukur menyampaikan, perolehan medali tahun ini merupakan perolehan medali tertinggi dari seluruh jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada dosen dan mahasiswa yang telah berhasil dalam PON Papua XX 2021, kami juga mengundang Batavia TIM yang akan mengikuti Final KMHE serta 4 TIM KMI EXPO 12 tahun 2021 semoga dapat mengharumkan nama UNJ," harap Abdul Sukur.

Rektor UNJ Prof. Komarudin mengucapkan selamat kepada para mahasiswa dan dosen juara PON XX 2021 di Papua.

"Saya merasakan aroma juara dan nikmatnya PON, karena saya diberikan kesempatan untuk memberikan medali emas pada juara renang nomor 50 gaya bebas putri," ujar Rektor UNJ.

"UNJ terus berikhtiar untuk memantapkan posisi sebagai perguruan tinggi terdepan dan terbaik di negeri ini, salah satunya di bidang olahraga. Yang terbukti pada hari ini kita dapat merasakan hasilnya dengan 89 medali," ungkap Prof. Komarudin.

Baca juga: Hari Pahlawan, Kemendikbud Ristek Ajak Masyarakat Bangun Indonesia

“Semoga prestasi yang membanggakan ini dapat menaikkan posisi IKU UNJ yang dilombakan oleh kemdikbudristek,” tutup Prof. Komarudin.

Acara apreasiasi ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta dan 11 Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang ada di Indonesia di undang secara daring, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan 11 Kepala Dinas Pendidikan di Indonesia yang di undang secara daring, Ketua KONI DKI Jakarta dan 11 Ketua KONI Provinsi yang di undang secara daring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com