Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2020, 12:24 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak duduk di bangku SD, siswa sudah diajari membaca puisi. Namun, terkadang karena sudah besar dan bekerja, kegiatan berpuisi telah dilupakan.

Agar menggali kembali memori masa kecil, para rektor dan guru besar atau akademisi perguruan tinggi se-Indonesia mengadakan kegiatan menarik.

Yakni membaca puisi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Adapun Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Zoom Poetry Reading (ZPR) edisi khusus bertajuk "Arti Pahlawan", Sabtu (14/11/2020).

Pada kegiatan tersebut dihadirkan 25 orang rektor, guru besar, dan akademisi perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Timur, Tengah, dan Barat.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Kemendikbud Ajak Millenial Buat Perubahan

Digelar oleh komunitas bentukan UI

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Poetry Reading Society of Indonesia (PRSI), sebuah komunitas peminat puisi bentukan Guru Besar UI, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M.

Menurut dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. (Sekretaris Universitas Indonesia), acara ini merupakan bagian dari ungkapan rasa terima kasih atas jasa pahlawan yang telah berjuang menciptakan dan mempertahankan NKRI.

Meski pandemi, namun pembacaan puisi di platform virtual telah membuktikan bahwa tak bertemu secara tatap muka bukanlah suatu kendala.

Para rektor dan akademisi telah menjalin satu model komunikasi antarwarga negara yang prestisius dalam menyebarkan atmosfer dan semangat persatuan melalui pembacaan puisi.

"Semangat persatuan ini diharapkan terus tersebar, mengalahkan viralnya semangat menyebarkan berita hoaks dan kebencian yang selama ini juga memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan informasi," ujar dr. Agustin dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Mampu gali memori masa kecil

Sementara Prof. Riri Fitri Sari menyatakan, beberapa dari para pembaca puisi memang sudah terlibat langsung sebagai pencipta sekaligus pencinta puisi.

Seperti Gufran Ali Ibrahim, Rektor Universitas Khairun Ternate 2009-2013 yang telah menciptakan lebih dari 300 puisi, dan menerbitkan antologi puisi.

"Beberapa yang lain menyatakan bahwa undangan untuk berpuisi telah menggali kembali memori masa kecil mereka yang sebenarnya telah berpuisi sejak muda," kata Prof. Riri.

"Namun karena kesibukan di dunia akademis yang tidak bersentuhan lagi dengan karya sastra, hobi berpuisi itu tenggelam," imbuhnya.

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan penyelenggaraan pembacaan puisi keempat kalinya yang dilakukan oleh PRSI, sejak Juli 2020.

Komunitas ini bermula dari suatu ide menyelenggarakan tribute kepada tokoh Sastra Indonesia yang juga merupakan Guru Besar UI, Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono (SDD), pada 23 Juli 2020.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com