Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Waktu Luang, Mahasiswa IPB Coba Bisnis Ini

Kompas.com - 16/11/2020, 08:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, mahasiswa masih mengikuti kuliah daring. Tentu, usai ikut kuliah daring mahasiswa jadi memiliki banyak waktu luang.

Tak mau waktu luang terbuang percuma, mahasiswa yang satu ini malah memanfaatkan menjadi sesuatu yang positif. Yakni mencoba peruntungan dengan berbisnis.

Namanya Ricky Gusnia, mahasiswa IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (ITK-FPIK) berbisnis di depan rumahnya.

Dia mencoba bisnis pertanian dengan membangun bisnis hidroponik dan lele bioflok sederhana. Dengan lahan berukuran sekitar 3 × 12 meter, ia mencoba membangun instalasi hidroponik dan bak lele bioflok.

Baca juga: Akademisi IPB Angkat Bicara Dampak Positif dan Negatif La Nina

"Ketika ada keputusan dari kampus yang meminta seluruh mahasiswa untuk pulang ke daerah masing-masing, saya sudah punya rencana untuk memanfaatkan waktu saat di rumah," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB University, Sabtu (14/11/2020).

Mencoba tekuni bidang lain

Ternyata, dia sudah mempunyai ide untuk mencoba usaha kecil-kecilan di depan rumah yaitu hidroponik dan lele bioflok.

Meskipun hasil yang didapatkan belum begitu maksimal, namun menurut Ricky hasil ini cukup untuk menambah wawasannya dan bisa menjadi modal melangkah ke depan.

"Saya biasanya bermain dengan diving, snorkeling, survey kelautan dan sebagainya. Dan kali ini mencoba menekuni bidang lain," tuturnya.

Dan seiring proses berjalan, dia menyadari bahwa ternyata antar keilmuan di kampus IPB University itu saling berkaitan.

"Hidroponik dan bioflok itu bermain dengan kondisi kualitas air. Dan saya mempelajari itu di mata kuliah oseanografi," imbuhnya.

Untuk modal pembangunan instalasi hidroponik dan bioflok dia dapatkan dari hasil tabungannya selama kuliah daring dan hasil tabungan bidikmisi.

"Saya kuliah dibantu oleh rakyat dan negara. Daripada tabungan ini saya gunakan untuk hal tidak semestinya, apalagi saya masih muda maka saya gunakan untuk hal yang bermanfaat dan hasilnya bisa kembali juga untuk masyarakat," tegasnya.

Ingin buka cafe hidroponik

Tak berhenti disitu saja, Ricky punya rencana ke depan yakni ingin membuat produk olahan sayur hidroponik dan lele bioflok yang bisa dinikmati dengan cara yang berbeda.

Ricky punya cita-cita bisa membuka usaha cafe hidroponik dan seafood dengan harga yang terjangkau. "Tapi itu bertahap dan dimulai dari sini dulu, harus sabar," tuturnya.

Ricky berpesan pada seluruh pemuda Indonesia khususnya mahasiswa IPB University agar selalu tangguh, tangkas dan cerdas di setiap kondisi, termasuk saat pandemi Covid-19.

Baca juga: 3 Tantangan Mahasiswa Saat Kuliah Daring

"Tantangan dan tekanan Indonesia ke depan akan lebih kompleks. Pemuda harus mampu menjadi penggerak, kreatif dan inovatif untuk Indonesia lebih baik di masa depan," pesan Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com