Kompas.com - 10/11/2021, 18:50 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam bincang bersama Najelaa Shihab dan Ratna Megawangi, Kamis (4/11/2021). DOK.Kemendikbud RistekMendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam bincang bersama Najelaa Shihab dan Ratna Megawangi, Kamis (4/11/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim mempunyai sosok pahlawan yang menginspirasi dalam hidupnya, yakni Ki Hadjar Dewantara.

Karena, Ki Hadjar Dewantara banyak memberikan pengaruh kehidupannya dalam kemajuan pendidikan Indonesia.

Baca juga: Hari Pahlawan, Kemendikbud Ristek Ajak Masyarakat Bangun Indonesia

"Bagi saya, Ki Hadjar Dewantara adalah sosok pahlawan yang menginspirasi saya untuk mencurahkan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan Indonesia," ungkap dia melansir laman Instagram pribadinya @nadiemmakarim, Rabu (10/11/2021).

Menurut dia, sepanjang hidupnya Ki Hadjar Dewantara mendedikasikan semangat, jiwa raga, dan gagasan visionernya, agar anak-anak Indonesia bisa belajar dengan merdeka.

Adanya realita itu, Nadiem mengajak semua pihak agar melanjutkan semangat Ki Hadjar Dewantara, dengan menjadi penggerak Media Belajar.

"Selamat memperingati Hari Pahlawan!," ujar Nadiem.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, pemerintah lewat Kemendikbud Ristek mengajak seluruh warga Indonesia untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan mengangkat tema "Pahlawanku Inspirasiku".

"Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah 'mengalahkan' musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto.

Baca juga: Sosok Prof. Nizam, Sang Nakhoda di Pendidikan Perguruan Tinggi

Wikan mengajak, untuk menjadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.