Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSAL: Mahasiswa Harus Sinergi Membangun Bangsa

Kompas.com - 27/09/2021, 13:38 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M., menyatakan bahwa mahasiswa memiliki kecerdasan akademik saja tidak cukup.

Melainkan sebagai kaum akademisi juga harus mau membangun bangsa. Caranya dengan saling bersinergi dengan mahasiswa lainnya.

Demikian diungkapkan KSAL pada Rapat Kerja Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Ke-14 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (27/9/2021).

Baca juga: Mahasiswi UMY Hadirkan Platform Your Home bagi Penyintas Broken Home

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh seluruh BEM dari 170 universitas di Indonesia baik secara daring ataupun luring.

"Yang perlu kita bangun bukan hanya badan atau raganya, tetapi jiwa juga karakter yang kuat. Sebagai mahasiswa yang ingin membangun bangsa, yang kita bangun bukan hanya kecerdasan akademik semata, tetapi juga kecerdasan emosional juga moral," jelas KSAL dalam keterangan tertulis dari UMY yang diterima Kompas.com.

Bersinergi membangun bangsa

Ia juga berpesan kepada mahasiswa agar tetap bersinergi bahu membahu membangun bangsa serta menyatakan kesiapannya dalam bersinergi bersama mahasiswa.

Dijelaskan, sebagai penerus bangsa, mahasiswa harus memiliki karakter yang kuat, diikuti kemampuan berkolaborasi dan bekerjasama yang baik, hal ini akan menjadikan BEM sebagai pencetak sejarah yang unggul.

"Saya akui bahwa kami TNI AL kurang dekat dengan mahasiswa, namun bersamaan dengan ini saya berkomitmen untuk siap membantu apa yang mahasiswa butuhkan dalam membangun negeri ini," terang Laksamana Yudo.

Baca juga: Dosen UMY Ciptakan Aplikasi JogjaLoop demi Wujudkan Ide Kota Inklusif

"Jangan takut juga jangan sungkan untuk mengajak kami dalam bersinergi untuk membangun bangsa yang lebih baik lagi," imbuhnya.

Laksamana Yudo juga menawarkan kepada peserta Rakernas jika ingin mengadakan Rakernas di atas kapal perang milik TNI, pihaknya bersedia agar para mahasiswa bisa mengetahui kejayaan dan kehebatan lautan Indonesia.

Jadi pribadi solutif

Sementara Gubernur DKI Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., yang turut hadir juga menyampaikan hal senada dengan Laksamana Yudo.

Anies berpesan kepada mahasiswa agar bersatu, menjadi pribadi solutif, dan menyatukan gagasan dalam membangun bangsa.

Menurutnya, menjadi Indonesia itu adalah sesuatu yang tak mudah dan luar biasa. Sebab, mahasiswa berasal dari berbagai daerah, bukan hanya Jawa, Kalimantan, Papua, dan suku budaya lainnya.

Baca juga: Seperti Ini Potret Implementasi Kampus Merdeka di UGM dan UMY

"Kita adalah satu bangsa yang hebat, Indonesia. Itulah kenapa kita harus bersatu, walaupun berasal dari pemikiran yang berbeda kita harus tetap satu gagasan yang sama dalam membangun Indonesia ini," terangnya.

"Jangan sampai Rakernas ini menghasilkan pemikiran yang tidak actionable. Buatlah terobosan untuk membangun negeri ini. Jadilah pribadi yang solutif bagi permasalahan yang ada di masyarakat," tegas Anies.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com