Kompas.com - 27/09/2021, 11:45 WIB
Ilustrasi sawah, ilustrasi Pertanian SHUTTERSTOCK.com/JET ROCKKKKIlustrasi sawah, ilustrasi Pertanian
|

KOMPAS.com - Anak-anak kini lebih dekat dengan teknologi digital. Padahal, sektor lain juga penting diketahui oleh siswa SD yang merupakan generasi Z dan Alpha.

Salah satunya di sektor pertanian. Generasi yang lahir di era industri 4.0 ini diharapkan dapat mendorong perubahan untuk kemajuan sektor pertanian.

Menurut Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., sangat penting bagi kita untuk memberikan literasi pada anak-anak SD bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah.

Baca juga: Webinar FE USD: Seperti Ini Peluang Generasi Z dalam Dunia Kerja

"Pertanian menjadi salah satu sektor yang menopang perekonomian nasional," ujar Direktur SD seperti dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar, Senin (27/9/2021).

Dikatakan, selain perlu memahami hasil-hasil pertanian, anak-anak sekolah dasar juga harus tahu proses yang dilakukan oleh para petani.

Dari mulai mempersiapkan lahan, menyiapkan bibit tanaman pangan, menanam, merawat, hingga panen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini karena di sektor pertanian juga perlu ada regenerasi. Saat ini, sebagian besar lahan pertanian di Indonesia diolah dengan cara tradisional.

Masih sedikit yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pertanian. Bahkan sebagian besar petani bergantung pada musim hujan untuk mengolah lahan pertaniannya. Banyak lahan pertanian menganggur di musim kemarau.

Ia berharap ke depan sektor pertanian akan semakin maju dengan memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi.

"Generasi Z dan Alpha yang dekat dengan teknologi informasi, diharapkan dapat mendorong perubahan pada sektor pertanian. Itulah pentingnya kita mengenalkan mereka pada pertanian sejak dini," terangnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.