Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerahan Ijazah UT Singapura, Rektor: Satu Jari Bisa Belajar dari Mana Saja

Kompas.com - 13/06/2021, 22:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi telah mendorong pendidikan menjadi mudah diakses bagi lebih banyak orang. Pandemi global Covid-19, di sisi lain memberi dampak positif dalam mengakselerasi integrasi teknologi dalam pembelajaran. 

"Satu jari bisa membuat belajar di mana saja dan kapan saja," ungkap Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat dalam seremoni upacara penyerahan ijazah (UPI) Universitas Terbuka (UT) Singapura yang digelar secara daring pada Minggu, 13 Juni 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ojat mengungkapkan UT selama 36 tahun telah mengemban tugas Pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi kepada seluruh masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa UT yang berada di Singapura.

Rektor UT juga menegaskan komitmen UT sebagai pelopor pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Indonesia untuk terus melakukan inovasi dalam teknologi informasi dan komunikasi agar dapat memberikan layanan pembelajaran yang lebih baik.

"Hal ini sejalan dengan tag line UT: making higher education open for all. UT terus memperkuat jati diri menuju cyber university dengan menyediakan layanan akademik berbasis TIK," tegas Rektor UT.

"Bahwa UT hadir dan dihadirkan Pemerintah untuk membantu anak bangsa dalam meningkatkan kemampuan diri tanpa terkendala ruang, waktu dan ekonomi," tambahnya.

Baca juga: Ini Makna Kain Batik Maudy Ayunda Saat Wisuda di Stanford University

Diterminasi tinggi

Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) bagi wisudawan yang berada di Singapura kali ini diberikan kepada 17 lulusan dari berbagai program studi, yakni; Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan (10 orang), Manajemen (4 orang), Akutansi (2 orang), dan Ilmu Komunikasi (1 orang).

"Meraih gelar tidak mudah, perlu perjuangan dan kerja keras. Apalagi kita mengetahui kedatangan Saudara ke Singapura tidak hanya untuk kuliah melainkan juga bekerja," ungkap Rektor UT.

"Namun semua itu berhasil saudara lewati. Ini menunjukkan Saudara berhasil dan memiliki semangat baja dalam mewujudkan cita-cita bangsa," tambahnya.

Apresiasi sama datang dari Prof. Nizam, Direktur Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek, yang turut memberikan sambutan dalam UPI UT Singapura.

"Tentu diperlukan upaya yang sangat besar, diterminasi tinggi (untuk belajar) di tengah kesibukan sebagai profesional sehari-hari. Hari ini kita memetik buahnya. Semoga Anda sekalian makin berhasil di masa depannya," ujar Prof. Nizam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com